Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ambon > Berita
PERAN KPKNL AMBON DAN KEMENKEU SATU DALAM MENDORONG PRODUK UKM KE EVENT INTERNASIONAL
Kevin Dzikri Faisal
Senin, 20 Juni 2022   |   175 kali

Kemenkeu Maluku - Sesuai dengan Kebijakan Pengungkit Ekonomi G20, maka Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Maluku secara aktif bekerja dan berperan penting dalam mempromosikan produk UKM lokal ke pasar internasional.

Kanwil Perbendaharaan Maluku, Kanwil Bea Cukai Maluku, KPP Pratama Ambon, Bea Cukai Ambon, KPKNL Ambon dan KPPN Ambon bekerjasama dalam program pemberdayaan UMKM Maluku telah berkesempatan mengenalkan produk Kabeta Craft dan Kopi Tuni sebagai cenderamata kepada seluruh delegasi pertemuan G20-The3rd Sustainable Finance Working Group (SFWG) Meeting di Bali, 13 s.d. 15 Juni 2022. Pertemuan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian pertemuan G20 Presidensi Indonesia pada jalur keuangan di tahun 2022.

Pertemuan dihadiri oleh Anggota G20, beberapa negara undangan dan berbagai organisasi internasional, dan dibuka secara resmi oleh Direktur Kerjasama Kepabeanan Internasional Kementerian Keuangan.

Forum ini bertujuan untuk mendorong aksesibilitas dan keterjangkauan instrumen keuangan berkelanjutan yang lebih besar, dengan para anggota menekankan pentingnya meningkatkan penggunaan teknologi digital untuk mengurangi biaya operasional dalam praktik keuangan berkelanjutan, terutama untuk sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan Pemerintah didorong untuk membantu bisnis dalam beradaptasi dengan Sustainable Supply Chain Finance (SSCF).

Terkait dengan tugas dan fungsi DJKN dalam rangkaian dari 114 tahun Lelang Indonesia adalah bagaimana peran teknologi digital dengan melalui platform lelang.go.id (Lelang Indonesia) dapat mendorong produktivitas, mendukung perekonomian, dan meningkatkan akses UMKM yang belum sepenuhnya tercakup oleh layanan keuangan, serta mengoptimalkan jangkauan pemasaran produk UMKM yang harapannya mampu menembus ke pasar internasional.

Selain itu, banyak anggota menekankan pentingnya peningkatan dukungan dan peran bagi UKM dan mendorong Lembaga Keuangan Multilateral/Multilateral Development Banks (MDBs) dan Organisasi Internasional (OI) untuk berperan dalam memberikan dukungan keuangan dan bantuan untuk efek peningkatan kapasitas UKM pada kelompok negara berkembang. Di saat yang sama, aksesibilitas juga dapat ditingkatkan melalui dukungan sistem perbankan, termasuk peran bank lokal-nasional sebagai mitra dalam implementasi blended finance.

Diharapkan dengan kesempatan memperkenalkan produk-produk UKM berkualitas dari berbagai daerah termasuk Maluku di Forum G20 Presidensi Indonesia ini, dapat membuka potensi produk UKM daerah termasuk Maluku berkembang ke pasar internasional, meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi yang berstandar internasional, serta mendorong ekspor produk-produk UKM lainnya yang menjadi potensi terbaik dari berbagai daerah di Indonesia. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini