Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ambon > Berita
TATA KELOLA BMN : SINERGITAS KODAM XVI/PATTIMURA DAN KANTOR WILAYAH DJKN PAPUA, PAPUA BARAT DAN MALUKU UNTUK BERSAMA JAGA ASET NEGARA
Aryo Arvianto
Jum'at, 25 September 2020   |   237 kali

Ambon, Selasa, 23 September 2020 - Komando Daerah Militer XVI/Pattimura (Kodam XVI/Pattimura); Kantor Wilayah DJKN Papua, Papua Barat & Maluku (Kanwil DJKN Papabaruku) dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Ambon (KPKNL Ambon) telah melakukan koordinasi terkait optimalisasi Tata Kelola Barang Milik Negara (BMN) Kodam Militer XVI/Pattimura di ruangan Kerja Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura, Ambon, Maluku.


Dalam pertemuan yang sarat akan protokol kesehatan ketat tersebut, Pangdam XVI/Pattimura,  Mayjen TNI Agus Rohman dan jajaran menerima kunjungan dari Kepala Kanwil DJKN Papabaruku, Arif Bintarto Yuwono beserta jajarannya. Turut hadir pada kesempatan ini Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ambon, Yoshua Wisnungkara guna konsolidasi dalam pengelolaan dan penetapan status seluruh BMN di lingkungan Kodam XVI/Pattimura yang berada di Provinsi Maluku, termasuk didalamnya kendaraan bermotor dan rumah dinas.


Sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2020, bahwa bentuk pemanfaatan BMN / BMD diantaranya adalah: Sewa, Pinjam Pakai; Kerja Sama Pemanfaatan; Bangun Guna Serah / Bangun Serah Guna; atau Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur. Dimana fungsi penetapan status pemanfaatan BMN / BMD tersebut mempunyai tujuan utama sebagai instrumen untuk mengelola BMN / BMD secara optimal, efektif dan efisien.


Hal ini mendapatkan dukungan penuh dari Pangdam XVI Pattimura yang saat itu menyampaikan secara langsung bahwa pengelolaan dan optimalisasi serta pemanfaatan BMN berupa sewa dalam Wilayah Kodam XVI/Pattimura khususnya yang berada di Provinsi Maluku adalah salah satu wujud nyata kontribusi langsung berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari hasil pemanfaatan BMN berupa sewa. 


Selain hal tersebut, keberlangsungan kolaborasi antara Kanwil DJKN Papabaruku, KPKNL Ambon dan Kodam XVI/Pattimura yang telah terjalin juga menjadi salah satu poin yang turut disampaikan agar dapat berlangsung secara berkesinambungan kedepannya.


Pada kempatan audiensi, ini Kepala Kanwil DJKN Papabaruku menyampaikan apresiasinya karena Satker Kodam XVI/Pattimura telah 100% menyampaikan form pendataan revaluasi BMN. Kemudian turut disampaikan pula terkait mekanisme inventarisasi BMN seperti kendaraan bermotor yang telah melewati kondisi primanya serta pentingnya pendekatan secara sosio-kultural pada beberapa hal seperti pada penertiban penggunaan rumah dinas yang tidak sesuai penggunaan agar dapat mendukung tugas dan fungsi Kodam XVI/Pattimura secara  lebih maksimal.


Melengkapi penjelasan Kepala Kanwil DJKN Papabaruku, Kepala KPKNL Ambon menyampaikan tentang banyaknya jumlah BMN dalam lingkungan Kodam XVI Pattimura, bahkan merupakan seperempat dari total BMN yang menjadi target perbaikan revaluasi BMN tahun 2020 di KPKNL Ambon. Sehingga ucapan terima kasih kepada Pangdam XVI Pattimura juga turut disampaikan karena telah berkontribusi secara langsung atas komitmen dan konsistensinya dalam menjaga dan merawat aset negara baik dari segi administrasi, fisik maupun hukum.   


(HUMAS KPKNL AMBON)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini