Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ambon > Berita
SINERGI KPKNL AMBON DAN TNI TAK TERHALANG PANDEMI
Eddy Susanto
Jum'at, 12 Juni 2020   |   267 kali

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) memang masih berlangsung hingga saat ini. Sebagai bencana nasional kondisi ini memang memberikan tekanan bagi semua sektor, tidak terkecuali pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah. Namun bagi Jajaran TNI Kodam XIV/Pattimura tekanan yang ada saat ini bukanlah penghalang untuk tetap bersinergi dengan KPKNL Ambon.

Dalam hubungan keduanya sebagai Unit Kuasa Pengguna Barang dan Pengelola Barang, sinergi harus terjalin kuat guna menyelesaikan pengelolaan BMN pada semua tahapan. Untuk itulah pada Kamis 11 Juni 2020, Kepala KPKNL Ambon Yoshua Wisnungkara mendatangi Kepala Zeni Daerah Militer (Kazidam)  XVI/Pattimura dalam kapasitasnya sebagai Pengelola Barang Milik Negara.

Giat  yang berlangsung di  Kantor Kazidam ini tentunya dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19. Pembicaraan yang berlangsung hangat ini diawali dengan pembahasan pengelolaan barang milik negara pada Jajaran Kodam XVI/Pattimura sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 serta fokus kepada tahap-tahap krusial yang meliputi Penetapan Status Penggunaan, penyelesaian Rerevaluasi, Pemanfaatan dan sertifikasi Barang Milik Negara berupa tanah yang berada pada Wilayah Kerja Kodam XVI/Pattimura.

Membuka pertemuan dalam muatan koordinasi kali ini, Kazidam XVI/Pattimura Kolonel Czi Rudy Wahjudiono, S.E.,M.M. memaparkan bahwa sebagai penanggung jawab barang milik negara berupa seluruh tanah dan bangunan yang berada di Wilayah Kerja Kodam XVI/Pattimura, jajarannya sangat berkomitmen untuk melakukan penyelesaian tahapan penatausahaan barang milik negara mulai dari pendataan, pengolahan data hingga sampai kepada penyajian laporan secara cepat dan akurat. “Kami sudah mendata tugas-tugas yang kedepan akan diselesaikan yang meliputi Penyelesesaian Rerevaluasi sebaganyak 2.532 NUP, Penetapan Status Barang Milik Negara berupa tanah sebanyak 173 NUP berikut bangunan sejumlah 3.000 NUP, penyelesaian sertifikasi barang milik negara berupa tanah sebanyak  117 bidang serta pemanfaatan barang milik negara berupa sewa sebanyak 82 NUP, untuk sewa yang sudah sampai kepada tahap kontrak sebanyak 29 NUP, sisanya masih dalam proses persetujuan.” Urai Kazidam.

Menanggapi paparan Kazidam tersebut Kepala KPKNL Ambon Yoshua Wisnungkara menyampaikan bahwa selaku pengelola barang pihaknya sangat mengapresiasi giat koordinasi untuk menguatkan sinergi seperti yang diinisiasi oleh Satker Zidam XIV/Pattimura ini. “komunikasi dua arah yang bermuatan sasaran kinerja organisasi sangat penting, karena dari komunikasi yang intens masing-masing dapat mengutarakan segala permasalahan yang dihadapi untuk kemudian dapat pula secara bersama-sama mencari solusinya.” Ucapnya.

Ia menambahkan bahwa dalam semua tahapan pengelolaan Barang Miilk Negara, pihaknya selalu menyiapkan ruang komunikasi seluas-luasnya bagi semua Satuan Kerja yang ada di Wilayah Kerja KPKNL Ambon. “tidak terkecuali untuk Satuan Kerja Zidam XVI/Pattimura”. Imbuh Yoshua.

Sejalan dengan Kepala KPKNL Ambon pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Ambon Muh. Tajus Syarifin lebih teknis mengatakan bahwa unitnya sebagai unit yang selalu berhubungan langsung dengan Satuan Kerja akan mendukung sinergi yang sudah terjalin selama ini. “Satker bisa mendapatkan layanan terbaik kami secara langsung maupun melalui sarana online dengan metode yang telah kami sosialisasikan kepada seluruh Operator atau PIC BMN, hal itu adalah salah satu strategi komunikasi yang kami jalankan guna mempermudah satker untuk mendapatkan layanan kami dalam sektor pengelolaan barang milik negara.” Jelasnya.

Giat yang berlangsung selama tidak kurang dari dua jam ini juga dihadiri oleh Waka Zidam XVI/Pattimura Letnan Kolonel Czi Drs. Syarifuddin Sara, M. Siap, Paur Fasjasa Zidam XVI/Pattimura Letnan Dua Czi Andi Aris Widayanto, A.md Kep., dan Anggota  Satuan Zidam XVI/Pattimura Prajurit Kepala  Muhamad Ridwan selaku PIC / Operator SIMAK Barang Milik Negara satker  Zidam XVI/Pattimura. (Humas KPKNL Ambon).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini