Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ambon > Berita
KEMENTERIAN KEUANGAN MENGAJAR, “DARI KAMI UNTUK NEGERI”
Reimon Jhoni Siahainenia
Selasa, 23 Oktober 2018   |   252 kali


KPKNL Ambon, 22 Oktober 2018.

            “Kementerian Keuangan Mengajar” adalah Program Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang di breakdown dari Tema Sentral “Dari Kami Untuk Negeri” yang berlangsung di seluruh pelosok Negeri ini untuk memperkenalkan secara dekat Institusi Kementerian Keuangan RI dengan tugas pokok dan fungsi kepada para siswa siswi pada berbagai tingkatan pendidikan, sehingga diharapkan mereka dapat memahami dan mengenal secara baik tentang Kementerian Keuangan dan jajarannya yang ada di setiap daerah.

            Senin, 22 Oktober 2018 jajaran Kementeri Keuangan RI yang ada di Kota Ambon dengan mengambil lokasi pada Sekolah Dasar Inpres 24, jalan Skip, Kelurahan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, melakukan program “Kementerian Keuangan Mengajar”. Pada kesempatan itu Widodo Sunarko, Kepala KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) Ambon memperkenalkan KPKNL Ambon sebagai salah satu unit/lembaga yang berada di bawah DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara) dan merupakan salah salah satu Direktorat Jenderal yang berada di bawah Kementerian Keuangan RI.

            Selanjutnya dalam pemaparan dijelaskan tentang tugas dan fungsi KPKNL antara lain sebagai; Pengelolaan BMN (Barang Milik Negara), sebagai Revenue Center atau sebagai penunjang penerimaan negara yang bertugas untuk memantau dan menetapkan seluruh penggunaan aset BMN oleh pihak ketiga sehingga bisa menjadi Penerimaa Negara Bukan Pajak (PNBP), juga ada di Bidang Pelayanan Lelang, dan pengurusan Piutang Negara, dan tidak dilupakan juga memperkenalkan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, tentunya hal-hal tersebut disampaikan dalam bahasa yang sederhana mungkin sehingga dapat dipahami oleh anak-anak Sekolah Dasar tersebut.

            Selain Pengajar dari KPKNL Ambon, ada juga Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Ambon, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ambon, kegiatan-kegiatan tersebut selain berlangsung dalam ruangan ada juga permainan yang berlangsung di luar ruangan, setiap seasion selalu dimeriahkan dengan berbagai kuis dengan hadiah-hadia berupa coklat, wafer dan lain-lain. Kegiatan Kementerian Keuangan Mengajar ini mendapat respons dan apresiasi yang baik dari dewan guru, tapi juga antusiasme murid-murid sangat besar dan ini membuat kemeriahan apalagi saat kuis dilakukan oleh para pengajar, semua anak berlomba untuk memberikan jawaban.

            Acara ini diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan atau cindera mata berupa plakat dari Jajaran instansi Kementeria Keuangan RI yang ada di Kota Ambon kepada Kepala SD Inpres 24 Ambon, dan tentu tidak kalah seru adalah foto bersama para murid maupun dengan dewan guru Sekolah Dasar Inpres 24 Ambon. (Hubmas KPKNL Ambon/RJS)  

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini