Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Launching episode perdana MARKOMBUR, Kakanwil DJKN Sumut apresiasi Bincang Santai Berbagi Informasi Tingkatkan Kompetensi
Perasanta Sibuea
Jum'at, 22 Oktober 2021   |   164 kali

Kakanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumut, Tedy Syandriadi mengapresiasi kegiatan MARKOMBUR yang diinIsiasi oleh Tim Aksi Perubahan Kanwil DJKN Sumut. Kegiatan Markombur ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi dan edukasi  yang dilaksanakan dengan santai dan hangat,  untuk meningkatkan literasi dan kompetensi para pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Sumut. “Markombur ini merupakan acara yang sangat positif yang harus kita manfaatkan dimana semua pegawai di wilayah kerja Kanwil DJKN Sumut baik Kanwil maupun KPKNL dapat bergabung dan berdiskusi dalam setting diskusi yang hangat dan santai,” terang Tedy dalam pembukaan kegiatan MARKOMBUR episode pertama, melalui daring di hari ini (Jumat, 22/10).



Tim Aksi Perubahan Kanwil DJKN Sumut menjadi penanggung jawab pelaksanaan MARKOMBUR perdana dengan tema “Efektivitas Komunikasi Lintas Generasi”. Perasanta Sibuea, pegawai tugas belajar beasiswa Kementerian Kominfo yang baru menyelesaikan studinya  berkesempatan menjadi narasumber yang memaparkan topik tentang Efektivitas Komunikasi Lintas Generasi. Urgensi komunikasi organisasi, karakteristik lintas generasi, pemahaman akan efektivitas komunikasi dan langkah praktis mewujudkan harmoni dalam komunikasi lintas generasi dibahas dengan detail dan komprehensif dalam diskusi kali ini.

 

 

“Harmoni dalam komunikasi akan mudah terwujud jika setiap generasi mau memahami dan mulai menunjukkan respect kepada orang lain, generation gap akan semakin mengecil jika setiap pelaku komunikasi selalu menerapkan perspektif humanis dalam berkomunikasi, dimulai dari diri sendiri”, Ujar Perasanta. Lebih lanjut lagi Pera menjelaskan karakteristik generasi baby boomers, generasi X, generasi Y, dan generasi Z agar setiap pegawai belajar memahami karakteristik atasan, atau rekan kerja di kantor sesuai dengan karakteristik generasi mereka masing-masing.

 

 

Acara MARKOMBUR perdana mendapat respon positif dari para peserta kegiatan, hal ini ditandai dengan antusiasme para peserta baik dari generasi X dan Y turut bergabung  memberikan buah pemikiran dan cerita pengalaman dalam bincang santai MARKOMBUR. Para peserta juga antusias mengikuti bincang santai sampai akhir kegiatan.



Di akhir kegiatan, Maulina Fahmilita, Kabid Pengelolaan Kekayaan Negara  yang juga selaku mentor tim Aksi Perubahan menekankan pentingnya respect dalam berkomunikasi dan berinteraksi. “ Untuk memahami Respect ingat saja kepanjangannya yaitu Recognized, Emphaty, Self Monitor, Personal Speech, Entrust, Cheerup, Treat everyone equal, dimana semua perilaku tersebut harus ditunjukkan untuk menghormati orang lain”, tegasnya. Dalam berkomunikasi lintas generasi, harmoni tidak akan sulit terwujud jika setiap generasi mau proaktif menunjukkan perilaku menghormati orang lain. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini