Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sumatera Utara, Tuan Rumah Final Regional I Olimpiade APBN 2021
Fia Malika Sabrina
Kamis, 14 Oktober 2021   |   138 kali

        Sumatera Utara – Olimpiade APBN merupakan kegiatan diseminasi tentang APBN dan penganggaran untuk pelajar SMA/Sederajat. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya dan dimulai sejak Tahun 2018. Kementerian Keuangan berkomitmen untuk menyuarakan pentingnya pendidikan tentang APBN dan penganggaran sejak dini. Pada Tahun 2021 ini, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sumatera Utara (Kanwil DJKN Sumut) ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Anggaran sebagai tuan rumah dalam Babak Final Regional Olimpiade APBN 2021 yang diadakan pada Kamis (14/10) secara daring melalui media zoom.

            Mengusung tema “Muda Membangun Bangsa”, Olimpiade APBN 2021 memiliki tujuan agar generasi muda dapat belajar mengenai instrument kebijakan APBN yang luar biasa penting, dengan pemahaman pengetahuan dan keterbiasaan terhadap APBN generasi muda akan makin memahami bagaimana cara mengelola keuangan negara, bagaimana membangun negeri, dan bagaimana menjadikan Indonesia sebagai negara yang dicita-citakan yaitu negara yang adil, makmur, sejahtera dan beradab. Generasi yang paham dan mengetahui dan terbiasa terhadap APBN akan memunculkan empati dan pemahaman tentang bagaimana mengurus Republik ini.

            Olimpiade APBN 2021 ini diikuti oleh sebanyak 2.072 Tim dimana 405 Tim berasal dari Region I yaitu pada wilayah Sumatera. Acara yang dimulai dari tahap online 1 ini berhasil membawa 3 (tiga) Tim meliputi MAN Insan Cendekia Batam, SMAN 1 Medan dan SMAN 6 Palembang menuju Babak Final Olimpiade APBN 2021. Sebagai salah satu tuan rumah pada wilayah Region I, Kanwil DJKN Sumatera Utara berkesempatan memfasilitasi dari SMAN 1 Medan dalam ajang lomba cerdas cermat tingkat SMA/SMK/MA/sederajat.

            Di akhir kegiatan, Kepala Kanwil DJKN Sumut Tedy Syandriadi turut mendukung dan menyaksikan pengumuman Finalis Nasional. “Selamat atas capaian sejauh ini, sangat luar biasa. Semoga nantinya adik-adik terus dapat berkarya dan semakin memahami tentang APBN”, ujarnya. Generasi muda dengan semangat yang tinggi seperti inilah yang diharapkan menjadi generasi penerus bangsa dan meneruskan pembangunan Indonesia dimasa yang akan datang. (/fms) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini