Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
ASN Merdeka Dari Korupsi
Fia Malika Sabrina
Senin, 16 Agustus 2021   |   243 kali

Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dirayakan secara meriah di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Demikian juga pada Kanwil DJKN Sumatera Utara. Dalam rangka menyemarakkan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Kanwil DJKN Sumatera Utara menyelenggarakan webinar dengan tema “ASN Merdeka dari Korupsi” yang diadakan secara daring melalui media zoom pada Senin (16/8).

Acara webinar ini dibuka oleh kata sambutan dari Plh Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara, Hendri Daniel Tobing. Selain itu, Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Rionald Silaban dalam Keynote Speech menyampaikan semoga melalui webinar ini, kita sebagai ASN harus siap dan mau untuk berubah menjadi pribadi yang berintegritas. Selain itu kita harus dapat melakukan Walk The Talk, atau melakukan apa yang disampaikan serta harus menjadi contoh atau teladan di lingkungan pekerjaan maupun kehidpuan pribadi sehari-hari.

Adapun narasumber pada webinar ini adalah Abyadi Siregar dari Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Dahlia dari Penyuluh Anti Korupsi/Kepala KPP Pratama Pangkalan Bun dan Mohammad Dody Fachrudin, Inspektur Bidang Investigasi Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan.

Di dalam acara webinar narasumber Abyadi Siregar, menyampaikan 3 (tiga) hal penting, yaitu Apa itu pungutan liar (pungli), Suap dan Korupsi, pungutan liar dan Korupsi di Pelayanan Publik, serta Penyelenggaraan Pelayanan Publik Bebas dari Pungli dan Korupsi. Pada paparannya Abyadi Siregar menyampaikan bahwa fenomena pungli lebih dahsyat dan lebih berbahaya dari korupsi. Lalu Abyadi Siregar menyampaikan langkah peyelenggaraan pelayanan publik yang bebas pungli, suap dan korupsi yaitu komitmen kuat dari seluruh penyelenggara layanan, mendorong layanan berbasis elektronik, menguatkan pengawasan internal dan memperluas keterlibatan pengawas eksternal, serta menerapkan mekanisme sanksi dengan tegas.

Sementara itu narasumber Dahlia menyampaikan 2 (dua) hal utama berdasarkan apa yang sudah dilakukan pada KPP Pratama Pangkalan Bun, yaitu Bagaimana Cara Mewujudkan Indonesia Bebas dari Korupsi, Bagaimana membangun Budaya Kerja Anti Korupsi. Mengenai Bagaimana Cara Mewujudkan Indonesia Bebas dari Korupsi, dengan cara membangun Budaya Anti Korupsi, Penguatan Sistem Pengendalian Intern, Internalisasi Kode Etik dan Disiplin PNS secara kontiniu dan berkesinambungan, Public Campaign Pengendalian Gratifikasi dan Whistleblowing System. Selain itu mengenai Bagaimana membangun Budaya Kerja Anti Korupsi, narasumber menyampaikan 9 nilai dasar antikorupsi yang diterapkan pada KPP Pratama Pangkalan Bun adalah Jujur, Peduli, Mandiri, Disiplin, Tanggung Jawab, Kerja Keras, Sederhana, Berani, dan Adil

Sedangkan narasumber Mohammad Dody Fachrudin menyampaikan 2 (dua) hal penting dalam materinya, yaitu Indikator Integritas dan Pembangunan Integritas Kementerian Keuangan. Mengenai   Indikator Integritas, Dody menyampaikan Indikator Penilaian Integritas (IPI) DJKN Tahun 2020 naik 5,35 poin dari IPI Tahun 2019. Selain itu, mengenai Pembangunan Integritas Kementerian Keuangan, ia  menyampaikan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan sebagai dasar dapat melakukan proses membangun integritas (pencegahan, deteksi, respon, monitoring dan evaluasi) di setiap lini pertahanan (lini manajemen, lini Unit Kepatuhan Internal, serta lini Inspektur Jenderal).

Kemeriahan acara webinar terlihat dari tingginya antusias peserta yang mengikuti pelaksanaan webinar melalui aplikasi zoom meeting dan live youtube Kanwil DJKN Sumut. Antusias tersebut terlihat dari peserta sebanyak lebih dari 300 dan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada ketiga narasumber yang hadir. Pada pelaksanaan webinar ini, para panitia dan moderator menggunakan pakaian adat dari beberapa daerah di Indonesia. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini