Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Saatnya Aset Berkontribusi Untuk Kemakmuran Negara dan Bangsa.
Kristian
Rabu, 04 November 2020   |   127 kali

    Sumatera Utara – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sumatera Utara (Kanwil DJKN Sumut) menyelenggarakan zoom meeting dengan seluruh satuan kerja (satker) pengguna barang yang berada  dilingkungan DJKN Sumut pada Selasa (3/11). Sebagai tema zoom meeting tersebut mengambil tema ”Saatnya Aset Berkontribusi”. Acara zoom meeting tersebut dibuka oleh Kepala kanwil Tedy Syandriadi didampingi Kepala Bidang Pengelola Kekayaan Negara Maulina Fahmilita dan pelaksana di Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Sumut.

            Pada sambutan awalnya Tedy meyampaikan salam kepada seluruh satker pengguna barang atas berkenan mengikuti acara zoom meeting yang dilaksanakan dalam rangka menata dan mengelola aset Negara. Selanjutnya Tedy juga menghimbau kepada satker sebagai pengguna barang agar selalu mentaati tertib administrasi dan pelaporan barang milik negara yang dikuasai secara berkala triwulanan, semesteran dan laporan tahunan kepada Pengelola Barang, dengan demikian kita telah menjaga dan menyelamatkan aset negara.

                Tujuan dari diadakannya agenda ini sebagai pemahaman dan edukasi mengenai ketentuan pemanfaatan yang diatur dalam PMK Nomor 115 Tahun 2020 oleh Kementerian/Lembaga (selaku Pengguna Barang), Internal DJKN (selaku pengelola barang), dan Publik secara umum. Selain itu juga menjelaskan beberapa hal terbaru dari aturan ini, yaitu bentuk baru pemanfaatan BMN yaitu Kerja Sama Terbatas untuk Pembiayaan Infrastruktur (KETUPI), penyesuaian tarif sewa, perubahan tata cara dan pemberian insentif serta perubahan-peribahan lainnya.

            Sesi meeting zoom berikutnya dilanjutkan oleh Maulina Fahmilita yang menerangkan beberapa poin tentang pemanfaatan BMN yaitu merupakan upaya optimalisasi yang tidak digunakan dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi dan mencegah BMN idle, menghasilkan PNBP dan mendorong BMN memiliki nilai sosial-ekonomi bagi masyarakat luas, upaya menggerakkan perekonomian dari skala ekonomi kecil sampai dengan skala besar dengan melibatkan usaha perseorangan, UMKM, swasta, BUMN/BUMD dan atau investor asing. Selain itu beliau juga menerangkan bahwa pemanfaatan tidak melibatkan peralihan kepemilikan asset dan mengedepankan prinsip keadilan dengan mempertimbangkan penyesuaian tarif pemanfaatan. 

Pada penutupan acara Maulina Fahmilita semoga acara ini dapat dimengerti oleh seluruh pengguna barang, dan mengajak seluruh satker Sumut sebagai pengguna barang saling bekerjasama dengan Kanwil DJKN Sumut sebagai pengelola BMN dalam penertiban dan pelaporan yang akuntabel, dengan demikian bersama – sama menyelamatkan aset negara untuk sebesar – besarnya kemakmuran bangsa dan negara.

 

(Penulis berita/Photographer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Sumut)    

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini