Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Direktur Lelang : Pelayanan Lelang Menuju Lelang Yang Aman, Unggul Dan Terpercaya.
Kristian
Sabtu, 19 Oktober 2019   |   241 kali

Medan, Tanggal 17 Oktober 2019 Kanwil DJKN Sumut menerima kunjungan terhormat Direktur Lelang sekaligus memberikan pencerahan terkait dengan Inovasi Lelang Elektronik on Line. Acara tersebut diselenggarakan di Gedung Keuangan Negara Lantai 4 Ruangan Aula Kanwil DJKN Sumut. Turut hadir pada acara tersebut Kakanwil DJKN Sumut diikuti seluruh Pejabat Eselon III, Para Kepala KPKNL dilingkungan Kanwil DJKN Sumut, Pejabat Eselon IV dan Pelaksana.

            Kata sambutan pembukaan dilakukan oleh Kakanwil DJKN Sumut Tedy Syandriadi, yang pada sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan kehormatan Direktur Lelang Bapak Lukman Effendi, Kakanwil berharap kiranya dengan kunjungan kehormatan Direktur Lelang tersebut dapat memberikan suatu pengetahuan berharga kepada seluruh Pegawai Kanwil DJKN Sumut beserta KPKNL  mengenai tekhnologi Digital on line Lelang, untuk dapat dipergunakan mengakses lelang lebih cepat, aman, unggul dan terpercaya.

            Selanjutnya kata sambutan dari Direktur Lelang Lukman Effendi, dalam sambutan pembukaannya memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai Kanwil DJKN Sumut. Likman Effendi mengatakan Sumut mempunyai potensi pegawai yang dapat diandalkan, semoga Kanwil DJKN Sumut menjadi salah satu Kanwil DJKN terbaik dengan SDM yang handal, demikian dikatakan Direktur Lelang Lukman Effendi dalam pembukaan sambutannya.

            Sesi pertama Direktur Lelang Lukman Effendi mengatakan bahwa dengan terobosan dan Inovasi diharapkan Lelang akan menjadikan DJKN sebagai Institusi yang populair. Lukman Effendi mengatakan dengan adanya digitalisasi lelang on line ini diharapkan insan lelang di Indonesia dapat lebih cepat mengakses lelang yang akan diikut sertakannya, dengan kemudahan seperti ini diharapkan untuk berpacu dan antusias mengikuti lelang, dengan demikian PNBP hasil lelang dengan signifikan terus meningkat.

            Sesi kedua Direktur Lelang Lukman Effendi memaparkan tentang jenis lelang dan penjual. Siklus pelaksanaan lelang terdiri dari : Pengajuan lelang oleh pemohon, Pelayanan Lelang oleh DJKN, Kepastian hasil lelang dapat dieksekusi oleh pembeli lelang. Apabila koordinasi lelang berjalan dengan baik menjadikan harapan lelang laku dengan harga yang optimal, Lukman Effendi mengatakan asset yang dilelang dapat dieksekusi, serta minim gugatan/pengaduan.  Sedangkan tantangan yang dihadapi adalah sebagai berikut : Semakin tingginya tuntutan pengguna jasa lelang terhadap pelayanan lelang, sarana pendukung pelayanan seperti : SDM, Aplikasi, SOP belum sepenuhnya sesuai kebutuhan. Lukman Effendi mengatakan masih tingginya frekwensi lelang TAP khususnya lelang HT, target lelang semakin menantang. Lukman Effendi mengatakan perlunya focus penguatan antara lain : Perbaikan kualitas pelaksanaan dan administrasi lelang, perbaikan kualitas Institusi dan Pejabat Lelang serta penguatan Kantor Wilayah. Lukman Effendi mengatakan Aplikasi lelang terus mengadakan inovasi yang pada awalnya adanya E-Auction dilanjutkan dengan Aplikasi E-Lang, Aplikasi Drofbox dan yang sekarang Aplikasi digital lelang on line. Aplikasi ini diciptakan dapat dipergunakan untuk mencetak langsung Risalah Lelang. Lukman Effendi mengatakan Inovasi untuk PL.II, sedangkan rencana kedepan adalah inovasi untuk Balai Lelang serta capaiannya dalam proses. Lukman Effendi juga mengutarakan rencana Direktorat Lelang kedepan sebagai berikut : Perbaikan regulasi, perbaikan bisnis proses lelang, rencana pengembangan lelang. Lukman Effendi juga megutarakan tentang perkembangan lelang nasional dengan adanya inovasi ini PNBP lelang meningkat sangat lumayan. Beliau juga memberikan gambaran tentang kegunaan digitalisasi bisnis proses lelang, serta modul permohonan on line.

            Sesi ketiga pemaparan tentang aplikasi digital on line lelang oleh Direktur Lelang Lukman Effendi memperagakan penerapan cara penggunaan aplikasi tersebut.

            Acara Pencerahan Pelayanan Lelang Menuju  Lelang yang Aman, Unggul dan Terpercaya ditutup secara simbolis, didahului sambutan penutupan oleh Kakanwil DJKN Sumut, dilanjutkan kata penutup oleh Direktur Lelang Lukman Effendi.

(Penulis Berita/ Photographer  : Bidang KIHI Kanwil DJKN Sumut).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini