Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dukung Implementasi PUG pada Kementerian Keuangan, KPKNL Medan Maju Mewakili DJKN
Fia Malika Sabrina
Jum'at, 23 Agustus 2019   |   390 kali

 Medan – Upaya mewujudkan PUG (Pengarusutamaan Gender) pada lingkungan Kementerian Keuangan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional, Kanwil DJKN Sumut berhasil mengirimkan perwakilan instansi vertikalnya yaitu KPKNL Medan maju dalam mewakili perlombaan PUG ke tingkat Kementerian Keuangan yang telah dilakukan penilaian pada Kamis (22/8) di KPKNL Medan.

Penilaian ini dilakukan langsung oleh para dewan juri yang terdiri dari Pakar dan Praktisi PUG Yulfita Raharjo dan Yurni Satria serta Suroso selaku Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan dan didampingi oleh Rustanto dan Evi Askaryanti selaku Tim PUG Kantor Pusat DJKN. Rangkaian kunjungan penilaian ini disambut dengan Tari persembahan adat melayu oleh pegawai ASN dan non ASN KPKNL Medan dan dilanjutkan pemaparan terkait Implementasi PUG KPKNL Medan di Ruang Aula lt.2.

“Kesetaraan gender harus dilibatkan secara optimal dengan mengedepankan prinsip-prinsip kesetaraan. Sebagai komitmen kami di Lingkungan Kanwil DJKN tentunya kami menerapkan kesetaraan gender didalam setiap kegiatan pelaksanaan tugas dan fungsi”, Sambut Tedy Syandriadi selaku Kepala Kanwil DJKN Sumut dalam sambutan diawal rangkaian acara.

            Pada sesi berikutnya, Ali Azham Noveansyah selaku ketua Tim PUG KPKNL Medan sekaligus Kepala Kantor KPKNL Medan menceritakan hasil jerih payah hingga akhirnya berhasil maju mewakili DJKN. Upaya tersebut dilaluinya dengan mengajak rekan-rekan pada KPKNL Medan untuk maju gerak bersama memahami dan menganalisis apa itu PUG sehingga bisa merubah konsep kerja pada KPKNL Medan hingga sedemikian rupa.

            Ada yang menarik diantara perubahan konsep dan perbaikan fasilitas, yaitu beberapa inovasi baru diantaranya Cermin Ajaib Bu Keke (Budaya Kementerian Keuangan), kotak saran digital, survey kepuasan layanan, Aplikasi Sinar (Sistem Informasi Arsip) dan Layanan Email dan SMS gateway KPKNL Medan. Pada setiap inovasi yang ada ini mempunyai fitur yang dapat mendukung tugas dan fungsi kegiatan KPKNL Medan. 

Setelah dilakukan pemaparan dan Tanya jawab terkait Implementasi tersebut, diakhiri dengan mengajak Dewan juri dan para hadirin untuk menari bersama beberapa tarian Khas Medan. Usai menari bersama, mereka berkeliling untuk melihat inovasi yang ada dan penerapan PUG di KPKNL Medan.

KPKNL Medan Siap menjadi Virus PUG kesemua satker dan mitra kerja di Sumatera Utara!

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini