Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KEMENTERIAN KEUANGAN PROVINSI SUMATERA UTARA MENGADAKAN UPACARA DALAM RANGKA PERINGATAN HARI OEANG KE 72 DAN HARI SUMPAH PEMUDA KE 90.
Kristian
Selasa, 30 Oktober 2018   |   254 kali

Medan,

            Pada tanggal 30 Oktober 2018 bertempat di Lapangan Upacara Gedung Keuangan Negara Jalan Diponegoro Medan, Kantor Vertikal Kementerian Keuangan Prop. Sumut mengadakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Oeang RI ke 72 dan Hari Sumpah Pemuda ke 90. Hadir pada acara tersebut seluruh  Kakanwil di lingkungan Kemenkeu Sumut diantaranya Kakanwil DJP, Kakanwil DJBC, Kakanwil DJPb, Kakanwil DJKN, Kepala  PTIK BMN, Kepala BDK Sumut, Pejabat Eselon III, Pejabat Pengawas serta para staff pelaksana. Acara diawali dengan pengibaran bendera sang saka merah putih diiringi dengan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila dan UUD 1945,  Hari Jadi Oeang RI Tahun 1946, dan  Sumpah Pemuda Tahun 1928. Pada Upacara Peringatan Hari Oeang dan Hari Sumpah Pemuda ini sekaligus diberikan Piagam Penghargaan Satya Lencana kepada pegawai yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 Tahun pada Kementerian Keuangan.

             Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kakanwil DJP Muchtar  dan sekaligus membacakan  konsep Pidato Menteri Keuangan  mengatakan sebagai Bangsa Indonesia kita patut berbangga  diberlakukannya mata uang RI pada Tahun 1946 yang tepatnya diresmikan penggunaannya pada tanggal 30 Okrober 1946. Pada tahun 2018 telah genap usia Oeang RI 72 Tahun dan  diusianya yang ke 72 ini kiranya Oeang RI semakin memberi suatu kemajuan serta kesejahteraan dan kemakmuran kepada seluruh masyarakat dan Bangsa Indonesia. Kementerian Keuangan salah satu Institusi yang mengelola Keuangan Negara, telah berupaya mengatasi goncangan ekonomi yang terjadi akibat revolusi ekonomi antara China dan Amerika. Kementerian Keuangan pada tahun 2018 meningkatkan kinerjanya dengan peningkatan pendapatan penerimaan pajak yang sangat menggembirakan, sehingga terjadi peningkatan anggaran penerimaan negara, disisi lain DJKN telah menyelesaikan Revaluasi Aset BMN senilai 5.700 triliun, Kemenkeu dengan segala upaya telah dapat mengatasi Inflasi yang terjadi pada saat ini, sehingga perekonomian Bangsa Indonesia tidak terlalu terpengaruh dengan revolusi ekonomi tersebut,  yang sesuai dengan Komitmen Kemenkeu Berbakti Kepada Negeri yang berarti Kemenkeu selalu berusaha dan bekerja keras untuk memajukan perekonomian rakyat dan perekonomian bangsa, membangun Integritas agar dapat menjadikan Kemenkeu yang kinerjanya berkualitas Dengan demikian Kemenkeu dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat dan Bangsa Indonesia. Pada akhir pidatonya Muchtar juga menyampaikan bahwa segenap pegawai Kemenkeu turut berbelasungkawa atas kejadian kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 jurusan Jakarta - Pangkal Pinang, yang mengakibatkan korban  puluhan orang pegawai Kemenkeu.

             Pada pidato berikutnya terkait dengan Hari Sumpah Pemuda ke 90 Kakanwil DJP Muchtar mengajak segenap Pemuda dan Pemudi Bangsa Indonesia sebagai penerus generasi Bangsa, harus bangkit, jujur dan semangat agar mendapatkan apa yang dicita citakan, sebagai Pemuda dan Pemudi Bangsa berikan sumbangsih kepada Negara serta ikut berpartisipasi dalam Pembangunan Nasional, bangun Integritas diri agar menjadikan pemuda – dan pemudi Indonesia yang kuat dalam segala goncangan apapun.

             Dipenghujung acara Kakanwil DJP Muchtar mewakili Menteri Keuangan, memberikan Piagam Penghargaan Satya Lencana kepada pegawai Kementerian Keuangan yang telah mengabdi sepanjang 10,20,30 Tahun.

             Upacara Peringatan Hari Oeang ke 72 dan Hari Sumpah Pemuda ke 90 di akhiri dengan pembubaran barisan oleh Inspektur Upacara.

 (PENULIS BERITA/PHOTOGRAPHER  : BIDANG KIHI KANWIL DJKN SUMUT).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini