Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Semangat 110 Lelang Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
Iman Harris Wijaya Telaumbanua
Senin, 05 Maret 2018   |   521 kali

Pematangsiantar-Kumandang lagu Indonesia Raya menggaung penuh energi di aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pematangsiantar pada Kamis (1/3/2018) tempat dilaksanakannya acara pencanangan Zona Integritas dan Apresiasi kepada Stakeholder KPKNL Pematangsiantar serta peringatan 110 tahun lelang Indonesia.

Hadir dalam kegiatan ini adalah Wakil Walikota Pematangsiantar, Kapolres Pakpak Bharat, Kepala Kejaksaan Negeri Pematangsiantar, Perwakilan Pemkab.Tobasa dan Samosir, Kepala Kantor Cabang Perbankan atau yang mewakili dan para Kepala  Satuan Kerja atau yang mewakili yang ada dilingkungan KPKNL Pematangsiantar. 

Kepala Kantor Wilayah DJKN Sumatera Utara, Mahmudsyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa inti pertama dari acara ini adalah untuk lebih mempererat kerja sama atau hubungan baik antara DJKN/KPKNL dengan stakeholder.

Selanjutnya Mahmudsyah menyampaikan KPKNL Pematangsiantar telah memberikan pelayanan  dengan penuh integritas, maka Kantor Pusat DJKN memberikan apresiasi kepada KPKNL Pematangsiantar dengan mengikutsertakan dalam perlombaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dimana keberhasilan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pematangsiantar tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan dari stakeholder.

Mahmudsyah menekankan bahwa dukungan yang paling penting dari stakeholder adalah dengan tidak menjanjikan atau memberikan sesuatu dalam bentuk apapun kepada seluruh pejabat/pegawai KPKNL Pematangsiantar atas pelayanan yang diberikan.

Menyoroti perayaan 110 tahun pelaksanaan lelang di Indonesia, Mahmudsyah menerangkan bahwa untuk memeriahkan peringatan tersebut data ini di seluruh Indonesia dilaksanakan lelang secara sukarela dengan tujuan untuk lebih membudayakan atau mendekatkan lelang kepada masyarakat. 

Sebelumnya Kepala KPKNL Pematangsiantar Sumarsono Dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada para undangan  yang telah hadir meramaikan acara ini dan sekaligus menjelaskan bahwa  pencanangan Zona Integrtitas ini dilaksanakan sebagai salah satu tahapan dalam rangka pembangunan Zona Integriitas menuju ke wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Sumarsono  mengharapkan agar tetap terjaga koordinasi yang baik dengan para stakeholder serta mendukung KPKNL Pematangsiantar untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Untuk mewujudkan komitmen membangun Zona Integritas di KPKNL Pematangsiantar, seluruh staf KPKNL Pematangsiantar membacakan IKRAR di depan para stakeholder.

masih dalam rangkaian acara yang sama, KPKNL Pematangsiantar  melakukan pemberian penghargaan (BMN dan Auction Awards) kepada stakeholder KPKNL Pematangsiantar. Pemberian penghargaan BMN Awards tersebut dilakukan sebagai apresiasi atas kinerja dan kerjasama stakeholder satker Kementerian/Lembaga, perbankan, dan pemerintah daerah.

Penghargaan apresiasi BMN ini diberikan kepada satker KPKNL Pematangsiantar yang telah mengoptimalkan BMN dari segi penatausahaan BMN, manfaat ekonomi dan pengamanan BMN dan penghargaan Auction Award diberikan dengan kategori produktivitas lelang dan kategori pokok lelang.

Selanjutnya, setelah istirahat siang, dalam rangka memperingati 110 tahun pelaksanaan lelang di Indonesia, bertempat dihalaman KPKNL Pematangsiantar dilaksanakan lelang sukarela. Pelaksanaan lelang ini dimaksudkan untuk memperkenalkan lelang kepada masyarakat sebagai salah satu mekanisme jual beli yang aman dan transparan. Pelaksanaan tersebut dipimpin oleh Lambok Siahaan selaku Pejabat Lelang Kelas I dan dipandu oleh Arief Fadillah.

Barang-barang yang dilelang berupa 4 unit sepeda, 2 unit terlevisi, 2 unit handphone, 2 unit jam, 1 unit setir mobil, 1 unit dispenser, 1 unit keris karo, 1 pasang batu akik, dan 1 unit kulkas. Semua barang tersebut terjual dalam lelang siang itu.

Dengan adanya kegiatan ini, Sumarsono mengharapkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di KPKNL Pematangsiantar dapat terwujuddan pengelolaan BMN yang tertib, bisa terkelola dengan baik, benar dan transparan serta dengan pelaksanaan lelang diharapkan semua mekanisme jual beli bisa melalui lelang dan hasilnya dapat membantu pemerintah menggerakan perekonomian di wilayah kerja KPKNL Pematangsiantar. (Tim HI KPKNL Pematangsiantar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini