Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peringatan 110 Lelang di Padang Sidimpuan
Iman Harris Wijaya Telaumbanua
Senin, 05 Maret 2018   |   369 kali

Padang Sidimpuan - Dalam rangka memperingati 110 tahun Hari Lelang Nasional, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang Sidimpuan mengadakan serangkaian acara yang meliputi kegiatan Sosialisasi Tugas dan Fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kepada siswa/siswi SLTA/sederajat, Acara Lelang Sukarela, dan Kunjungan ke Dinas sosial. Acara sosialisasi di Ruang Aula KPKNL Padang Sidimpuan dibuka oleh Kepala KPKNL Padang Sidimpuan Haryanto pada pada Rabu (28/2). Acara ini dihadiri oleh jajaran pejabat dan pegawai KPKNL Padang Sidimpuan dan Kanwil DJKN Sumut, serta perwakilan dari 3 sekolah  menengah atas yaitu Sekolah Menengah Atas Negeri I (SMAN I)  Padang Sidimpuan, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri III (SMKN III) Padang Sidimpuan dan Madrasah Aliyan Negeri (MAN) Padang Sidimpuan.

Pada sambutannya, Haryanto mengatakan bahwa sebagai salah satu Unit Eselon I di Kementerian Keuangan, DJKN mempunyai tugas sebagai pengelola barang milik  negara (BMN),  pengurusan  piutang negara dan  lelang. Lebih lanjut   Haryanto mengatakan bahwa di bidang lelang DJKN  telah menerapkan sistem lelang modern yang disebut dengan nama E-Auction (lelang internet). Pada sistem lelang ini, peserta lelang dapat dengan mudah mengakses, melakukan registrasi lelang dan mengadakan penawaran  lelang  dengan cepat dan akurat  tanpa harus datang berbondong-bondong untuk mengikuti lelang seperti sebelumnya. Pada akhir sambutannya Haryanto mengatakan kepada siswa- siswi  supaya mempunyai kesadaran menjaga aset negara, jangan merusak aset negara. Merusak aset negara akan mengakibatkan kerugian negara karena negara harus mengeluarkan biaya perbaikan terhadap aset yang dirusak tersebut. Lebih lanjut Haryanto mengatakan kepada siswa-siswi supaya menjaga dan mencintai aset negara. Sedangkan kepada hadirin peserta lelang sukarela Haryanto mengharapkan agar mendukung program pemerintah di bidang lelang, karena hasil lelang ini adalah salah satu pendapatan negara Bukan Pajak, dan  penopang APBN untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat Indonesia.

Acara selanjutnya adalah simulasi lelang bersama siswa dan siswi perwakilan dari ketiga SMA undangan. Bertindak sebagai pembawa acara lelang kepada para siswa/siswi ini Kepala Seksi Penilaian Yunaldi didampingi oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi Emi Ginting. Sesi ke-2 dilanjutkan dengan acara lelang sukarela yang diikuti oleh peserta undangan lelang dari masyarakat umum yang dibawakan oleh Kepala Seksi Lelang KPKNL Padang sidimpuan Heribertus Agung Sudiyanto didampingi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal Ibu Rismawati Purba. Adapun barang yang dilelang terdiri dari enam buah tas wanita, satu buah raket bulutangkis, satu buah handphone merk Nokia 130, dua buah speaker, blender, kacamata, jam tangan, dua belas botol parfum, kacamata renang, dan sepeda gunung. Seluruh barang lelang sukarela tersebut habis terjual.

Pada sore harinya dilanjutkan kunjungan Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Padang Sidimpuan beserta staf  ke Kantor Dinas Sosial untuk memberikan sumbangan, agar melalui Dinas Sosial tersebut dapat disalurkan kepada penyandang cacat. Selain itu KPKNL Padang Sidimpuan berpartisipasi dalam jumat berkah kegiatan membagikan nasi bungkus kepada orang yang tidak mampu serta menyerahkan sumbangan kepada masyarakat yang layak menerimanya bekerjasama dengan PT Radio Adi Utama Laksamana. (Berita/Photographer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Sumatera Utara)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini