Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Rapat Percepatan Sertifikasi BMN di Kanwil DJKN Sumatera Utara
Iman Harris Wijaya Telaumbanua
Senin, 08 Mei 2017   |   327 kali

Setiap Jengkal Tanah Barang Milik Negara Harus Kita Urus dan Pelihara

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Sumatera Utara Mahmudsyah membuka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sertipikasi Barang Milik Negara (BMN) Berupa Tanah Tahun 2017 pada Kamis (27/4) di Aula Gedung Keuangan Negara II Medan, Jl. P. Diponegoro No.30-A Medan.

“Kegiatan rapat koordinasi ini selain dimaksudkan untuk menyamakan gerak langkah sehingga target percepatan sertipikasi di tahun 2017 dapat tercapai dengan optimal juga diharapkan dapat memberikan alternatif masukan yang positif dari evaluasi pelaksanaan dua tahun terakhir sehingga pelaksanaannya di masa mendatang akan lebih baik lagi”, ujarnya ketika memberikan sambutan sekaligus membuka acara yang dihadiri sekitar 65 orang peserta tersebut.

Rapat ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Sumatera Utara serta beberapa satuan kerja yang terlibat dalam program sertifikasi BMN berupa tanah yaitu KPKNL Medan, KPKNL Pematang Siantar, KPKNL Kisaran, dan KPKNL Padangsidempuan selaku pengelola BMN serta beberapa satuan kerja yang menjadi target sertifikasi tanah diantaranya Kantor Kementerian Agama Labuhan Batu Selatan, Kantor Kementerian Agama Labuhan Batu Utara, KUPP Sei Berombang, Polres Simalugun, PJN Wilayah I Sumatera Utara, PJN Metropolitan Medan, dan SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Sumatera II Provinsi Sumatera Utara.  Kantor Wilayah BPN Sumatera Utara selaku pihak yang berwenang dalam penerbitan sertifikat juga mengikutertakan sebanyak enam belas orang Kepala Kantor Pertanahan terkait.

Seusai sambutan Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara, agenda berikutnya diisi dengan sambutan dari Kepala Kanwil BPN Sumatera Utara yang dilanjutkan dengan penantanganan Nota Kesepahaman antara Kepala Kantor Wilayah DJKN Sumatera Utara dan Kepala Kantor Wilayah BPN Sumatera Utara serta penandatanganan Beriata Acara Kesepakatan Bersama antara Kepala KPKNL dengan Kepala Kantor Pertanahan terkait percepatan dan penyelesaian target sertifikasi tanah. Bambang Triono, Kepala Kanwil BPN Sumatera Utara dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap jengkal tanah milik negara ini harus kita urus dan pelihara salah satunya melalui program sertifikasi sehingga tertib secara adminstrasi dan terjamin kepastian hukumnya. ”Kepada seluruh Kepala Kantor Pertanahan yang hadir dalam kesempatan ini saya minta menyelesaikan target yang telah ditetapkan dan berkoordinasi dengan satker terkait, apabila satkernya tidak mau koordinasi agar Kepala Kantor Pertanahan yang bergerak aktif melakukan koordinasi agar sertifikasi berjalan”, tegasnya memberikan instruksi kepada jajaran kantor pertanahan yang hadir pada kesempatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah BPN Sumatera Utara langsung menanyakan komitmen dan kesanggupan masing-masing Kepala Kantor Pertanahan terkait untuk menyelesaiakan target sertifikasi tahun ini yang disanggupi masing-masing kepala kantor bahwa target sertifikasi akan selesai setidaknya bulan Juni 2017. Hal cukup menarik terjadi ketika Kepala Kantor Pertanahan Kota Medan mengungkapkan bahwa target sertifikat 2017 yang ditetapkan kepadanya sudah selesai bahkan sertifikat yang sudah diselesaikan telah dibawa dalam kesempatan tersebut dan siap untuk diserahkan kepada satker terkait. Hal ini langsung diapresiasi oleh Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara dan Kepala Kanwil BPN Sumut sekaligus mengagendakan serah terima secara simbolis kepada satker terkait sambil mengingatkan bahwa MoU yang baru kita tandatangani bukan hanya seremonial tapi yang paling penting adalah tindaklanjut implementasinya, hasil kerjanya yaitu sertifikat selesai seraya memberikan contoh apa yang telah dilakukan oleh Kantor Pertanahan Medan patur diikuti oleh kantor lainnya.

Sebelum acara ditutup Kepala Bidang PKN Kanwil DJKN Sumut, dilakukan diskusi kelompok yang dikordinir masing-masing KPKNL dan pembacaan komitmen bersama penyelesaian target sertifikasi tahun 2017 (Bidang PKN/KIHI Kanwil DJKN Sumut).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini