Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Belajar Konsep Island Of Integrity dari Burung
Perasanta Sibuea
Kamis, 09 Juni 2022   |   2262 kali

 

Island of Integrity terdiri dari dua kata, Island yang artinya pulau dan Integrity yang artinya integritas. Jadi secara harafiah Island of Integrity berarti pulau integritas, namun dalam hal ini kata-kata Island of Integrity dipilih artinya menjadi Zona Integritas.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah, Island of Integrity mempunyai tiga tujuan utama yaitu :

1.       Menciptakan organisasi yang bebas dari korupsi;

2.       Dapat menciptakan organisasi yang lebih efisien;

3.       Mampu mempengaruhi lingkungan dan sistem yang lebih luas

Sebagai manusia, kita dituntut untuk terus belajar dan berkembang. Kita dituntut untuk belajar dari mana saja dan siapa saja, bahkan dari hewan sekalipun. Burung sebagai salah satu hewan ciptaan Tuhan pun dapat mengajarkan banyak hal kepada kita. Kita dapat belajar tiga tujuan island of integrity tersebut dari burung.

1.       Mengajarkan arti kesetiaan

Beberapa jenis burung seperti burung merpati, angsa, dan rajawali dikenal memiliki kesetiaan yang luar biasa kepada pasangannya. Jenis burung tersebut dikenal tidak akan kawin selain dengan pasangan yang telah dipilihnya. Beberapa jenis burung setia kepada pasangannya hingga pasangannya tersebut mati, bahkan jenis burung tertentu hanya memilih satu pasangannya sampai seumur hidupnya.

Demikian juga kita sebagai ASN Kementerian Keuangan. Kita sudah memilih Integritas sebagai nilai yang utama dalam menjalankan pekerjaan kita sebagai ASN. Integritas, hal yang sudah kita pilih tersebut, harus tetap kita terapkan sampai seumur hidup kita.   

2.       Mengajarkan arti kerja sama

Beberapa jenis burung pantai sering kita lihat terbang dengan formasi membentuk huruf V. Ternyata formasi tersebut membantu burung untuk terbang lebih aerodinamis, dan dapat terbang lebih cepat daripada terbang sendirian. Jenis burung tersebut secara bergantian, mengisi formasi yang ada. Burung yang paling depan, apabila merasa kelelahan, akan segera mundur atau memperlambat kepakan sayapnya agar tidak mengganggu formasi yang ada. Demikian juga burung yang di belakang, tidak hanya bersantai-santai, burung tersebut memiliki tugas sebagai pemandu arah dan menyemangati teman yang lain di kelompoknya.

Demikian juga kita sebagai ASN. Di dalam organisasi kita, kita harus dapat mengambil peran dan tugas. Kita harus mampu bekerja sama dengan anggota kelompok kita yang lain agar tujuan organisasi dapat tercapai.

Dengan bekerja sama, efisiensi organisasi dapat terwujud. Proses menciptakan layanan pada organisasi kita dapat terwujud dan memuaskan stakeholder organisasi kita.     

3.       Mengajarkan arti pentingnya komunitas dan lingkungan

Kita pernah mendengar pepatah “bird with the same feather flock together” yang artinya burung dengan jenis yang sama akan hinggap pada dahan pohon yang sama. Burung elang tidak akan pernah berkumpul dengan burung kutilang pada pohon yang sama. Burung kutilang akan berusaha mencari kumpulan burung kutilang lainnya.

Demikian juga kita sebagai ASN dalam menciptakan island of integrity, kita diharapkan membentuk komunitas dan lingkungan yang memiliki integritas. Bahkan lebih dari itu, kita diharapkan “menularkan” integritas dan mengajak satuan kerja yang lain untuk dapat membentuk komunitas yang berintegritas. 

Referensi :

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah

Penulis : Efraim Frananta Tarigan

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini