Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN SJB Berduka, DJKN Kehilangan Sosok yang Sederhana, Baik dan Ramah
Muhammad Zulkifli
Kamis, 18 Februari 2021   |   694 kali

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un

“Sesungguhnya kami adalah kepunyaan/milik Allah SWT dan

kepada Allah SWT jugalah kami kembali”

 

Palembang – Duka teramat mendalam menyelimuti keluarga besar Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung. Salah satu anggota terbaiknya Sigit Bintarso, SE., Ak Kepala Bidang Lelang pada Rabu 17 Februari 2021 sekira pukul 14.00 WIB telah berpulang ke rahmatullah menemui sang Khalik. Seminggu sebelumnya beliau sempat dirawat di rumah sakit (selama 4 hari dari 11 Februari hingga 14 Februari 2021). Setelah itu beliau dirawat di rumah dinas/mess. Namun beliau kembali masuk rumah sakit pada Selasa 16 Februari 2021. Namun kondisi beliau semakin drop. Dengan berbagai pertimbangan keluarga yang mendampinginya akhirnya diputuskan untuk keluar dari rumah sakit dan membawa pulang. Namun takdir illahi berkehendak lain. Saat Ambulance yang membawa beliau dalam tengah perjalanan di sekitar wilayah Bandar Lampung, ajal menjemput beliau. Beliau beserta keluarga yang mendampingi (isteri, anak, dan saudara) sesungguhnya sedang dalam perjalanan menuju rumahnya di daerah Jakasampurna Bekasi Barat.


Sebelum bergabung dengan Kementerian Keuangan, almarhum Sigit Bintarso sempat bertugas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak 1988 hingga 1991. Begitu melimpah dan bertugas di Kementerian Keuangan, beliau ditempatkan sebagai Pelaksana di unit Badan Akuntansi Keuangan Negara (BAKUN) sejak 1991 hingga 2005. Selanjutnya Juni 2005 beliau dipindahtugaskan ke unit Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Seiring berjalannya waktu, dengan terjadinya reorganisasi pada kementerian Keuangan, pada Juni 2007 beliau dipindahtugaskan ke unit Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Saat itu beliau dipromosikan sebagai Kepala Seksi Administrasi Kekayaan Negara (dan berubah menjadi Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara) pada KPKNL Jakarta II.


Selanjutnya beliau pada Desember 2012 dipromosikan sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara pada Kanwil XIII DJKN Samarinda dan berubah menjadi Kanwil DJKN Kalimantan Timur. Pada April 2016 masih di Kanwil DJKN Kalimantan Timur beliau dimutasi sebagai Kepala Bidang Piutang Negara. Selanjutnya beliau pada Juli 2017 dipindahtugaskan sebagai Kepala Bidang Piutang Negara pada Kanwil DJKN Banten. Terakhir sejak Juni 2019, beliau  dipindahtugaskan sebagai Kepala Bidang Lelang pada Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung.


Selama mengabdi sebagai Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negara, beliau telah memperoleh penghargaan Satya Lancana Karya Satya dari Presiden RI untuk masa kerja 20 tahun dan 30 tahun. Total masa kerja beliau sejak CPNS hingga akhir hayatnya yaitu 32 tahun dan 11 bulan. Beliau meninggalkan seorang isteri dan tiga orang anak (semua laki-laki).


Dalam kesehariannya, beliau dikenal dengan pribadi yang sederhana, baik, ramah, dan senang bercanda. Karenanya kepergian beliau menghadap sang pencipta, menjadikan keluarga besar Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung merasa kehilangan yang teramat sangat. Kebersamaan beliau selama ini, tidak akan pernah terlupakan, karena beliau dengan segala kelebihan dan kekurangannya telah menjadi bagian dari keluarga besar Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung. Selamat jalan Bapak Sigit Bintarso. Semoga Allah SWT mengampuni segala dosa dan kesalahan almarhum. (Tim KIHI Kanwil SJB-09).

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini