Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kerja Bersama Seluruh Unit Eselon I Kementerian Keuangan Meriahkan Hari Kemerdekaan
Octa Dwinanda
Selasa, 22 Agustus 2017   |   221 kali

Palembang – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang terdiri dari Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung (SJB), dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang, ditunjuk sebagai panitia untuk lomba Lari Kelereng/Ekar pada Acara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72 yang diadakan di halaman Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (17/8).

Sebanyak lebih dari 20 peserta yang terdiri dari perwakilan eselon I Kementerian Keuangan yang ada di wilayah Sumatera Selatan, ikut menjadi peserta Lari Kelereng. Setiap peserta sediakan 1 butir kelereng dan sendok. Pemenang lomba tersebut adalah peserta yang berhasil sampai di garis lebih dulu tanpa menjatuhkan kelereng. Lomba yang dilakukan satu putaran itu dimenang oleh perwakilan dari Kantor Direktorat Jenderal Pajak sebagai Juara I, perwakilan dari Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai Juara II, dan perwakilan DJKN harus puas berada di posisi Juara III.

Kebersamaan dan keseruan tidak hanya pada lomba Lari Kelereng. Selain DJKN yang ditunjuk sebagai panitia Lari Kelereng, unit eselon I lainnya pun diberi tanggung jawab untuk menyelenggarakan lomba lainnya. Antara lain, lomba makan kerupuk, lomba masukkan pensil ke dalam botol, dan lomba lari membawa nampan.

Penunjukkan setiap unit eselon I sebagai panitia setiap lomba, menggambarkan bahwa setiap perwakilan unit Kementerian Keuangan yang ada di wilayah Sumatera Selatan, berperan dan dapat bersinergi dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung beserta Kantor Operasional dibawahnya berperan dalam meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak. Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung beserta KPKNL berkontribusi dalam menyumbangkan penerimaan negara bukan pajak dari Pemanfaatan Barang Milik Negara dan Lelang.

Kemudian, Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Wilayah Sumatera Selatan dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara di wilayahnya, bertugas dalam memberikan layanan kepada setiap instansi pemerintah  dalam melakukan pembayaran, sehingga proses pelayanan kepada masyarakat bisa terlaksana.

Tak lupa peran Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) melalui Balai Diklat Keuangan Palembang dalam meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia Kementerian Keuangan di wilayah Sumatera Selatan.

Semangat gotong-royong sebagai representasi motto “Indonesia Kerja Bersama” yang diusung Pemerintah Indonesia untuk memperingari HUT ke-72 Republik Indonesia, tergambar jelas diperlihatkan oleh seluruh insan Kementerian Keuangan pada saat itu, baik oleh panitia, maupun seluruh peserta lomba.

Sebelum dilaksanakannya lomba, para Pejabat dan staf larut dalam khidmatnya pelaksanaan Upacara Bendera memperingati 72 Tahun Indonesia merdeka. Lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya mampu meningkatkan rasa nasionalisme seluruh pegawai Kementerian Keuangan yang hadir pada saat itu.

Gerakan baris berbaris para petugas upacara, dari  pengibar bendera merah putih hingga pembaca teks proklamasi terlihat sangat rapih dan bersemangat. Ditambah eloknya barisan para peserta upacara, menambah sakralnya aura upacara pagi itu.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini