Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Penyelenggaraan FGD Kompetensi Managerial
Dewi Lestuti Ambarwati
Selasa, 25 Mei 2021   |   225 kali

Palembang- Kanwil DJKN Sumsel, Jambi, dan Babel (SJB) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) mengenai 8 Kompetensi Managerial yang Harus Dimiliki ASN dengan mengundang narasumber, Bungkus Sasongko Purnomo dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BPPK. Kegiatan FGD dilaksanakan melalui zoom meeting yang juga disiarkan melalui kanal Youtube Kanwil DJKN Sumsel, Jambi, dan Babel dengan diikuti kurang lebih 224 peserta. Acara dibuka dengan sambutan Kepala Kanwil DJKN SJB Surya Hadi yang memberikan gambaran mengenai 8 Kompetensi Manajerial tersebut dan memberikan apresiasi terhadap peserta zoom yang telah menyempatkan waktu untuk mengikuti kegiatan FGD. Acara dipandu oleh MC Yunita Sari dan Moderator Artho Guntoro.

Pada paparannya, Bungkus menjelaskan lebih lanjut mengenai definisi Kemampuan Managerial, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin atau mengelola unit organisasi. Kemampuan managerial berasal dari pembentukan sikap/perilaku sehingga membentuk suatu kebiasaan/perilaku untuk memimpin/mengelola unit organisasi.

Dalam Permen PAN RB No.38 Tahun 2017, membahas lebih lanjut mengenai Kompetensi Managerial dan Sosio Kultural, sedangkan untuk Kompetensi Teknis menjadi kebijakan dari masing-masing unit sehingga tidak diatur lebih mendalam dengan Permen PAN RB No.38 Tahun 2017. Dalam penjelasannya, Bungkus mengatakan bahwa terdapat 5 level dalam Kompetensi Manajerial, yaitu Level Pelaksana, Level Pengawas, Level Administrator, Level Eselon II, dan Level Eselon I. Berhubung dengan waktu pemaparan yang sedikit, Bungkus hanya menjelaskan secara lebih detail mengenai 3 level tersebut dalam Kompetensi Manajerial, yaitu Level 1 (Pelaksana), Level 2 (Pengawas), dan Level 3 (Intermediate) dengan berbagai indicator perilakunya.

Kemudian Bungkus melanjutkan dengan pembahasan inti yaitu mengenai 8 Cluster Kompetensi Managerial beserta definisinya, berupa : Integritas, Kerjasama, Komunikasi, Orientasi pada Hasil, Pelayanan Publik, Pengembangan Diri dan Orang Lain, Mengelola Perubahan, dan Pengambilan Keputusan.

       Sebelum kegiatan FGD ditutup diadakan forum diskusi dan tanya jawab bagi peserta zoom mengenai paparan yang telah dijelaskan oleh narasumber dan acara ditutup pada pukul 12.00 WIB. (Tim KIHI Kanwil SJB-18)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini