Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pembahasan DKO Triwulan I 2021
Muhammad Zulkifli
Jum'at, 09 April 2021   |   143 kali

Palembang – Pada Kamis, 8 April 2021, Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung (SJB) melaksanakan DKO, Evaluasi Capaian Kinerja, Pemantauan Risiko dan Evaluasi Pengendalian Internal Triwulan I Tahun 2021 melalui zoom meeting. Rapat dipimpin oleh Kepala Kanwil DJKN SJB, Surya Hadi dan diikuti oleh semua pegawai Kanwil DJKN SJB sebagai bentuk monitoring dan evaluasi atas kinerja yang telah dilakukan selama 3 bulan terakhir. Anita Wihardeni sebagai Plt. Kepala Bidang KIHI mengawali pembukaan rapat. Rapat diteruskan dengan pokok pembahasan. Dalam pembahasannya, Anita menjelaskan bahwa masih terdapat 1 (satu) IKU merah dan 2 (dua) IKU kuning dalam NKO Kanwil DJKN SJB Triwulan I 2021, yaitu IKU Persentase Penurunan Nilai Outstanding Piutang Negara dengan realisasi sebesar 10,39 persen dimana targetnya sebesar 25 persen, IKU Persentase Realisasi Pokok Lelang dengan realisasi sebesar 17,13 persen dengan target sebesar 20 persen, dan IKU Persentase Kualitas Pelaksanaan Anggaran dengan realisasi sebesar 88,06 persen dengan target sebesar 95,5 persen. Selanjutnya, dalam pembahasan DKO tersebut juga dipaparkan mengenai macam-macam kendala yang dihadapi pegawai dalam proses pencapaian IKU dan pemantauan risiko pada masing-masing bidang/bagian.

Mengenai kendala/isu utama yang dihadapi dalam pencapaian IKU, disebutkan satu-persatu kendala pada IKU yang berstatus merah dan kuning. Pada IKU Persentase Penurunan Nilai Outstanding Piutang Negara yang berstatus merah, kendala yang dihadapi yaitu belum optimalnya pengurusan piutang negara pada berkas penyerahan 31 Desember 2017 atau sebelumnya. Kemudian isu utama pada IKU Persentase Realisasi Pokok Lelang yang berstatus kuning yaitu kegiatan lelang pada KPKNL yang berkurang akibat dampak COVID-19, lelang frekuensi pada KPKNL Lahat yang masih sedikit akibat hanya terdapat 1 orang Pelelang. Kemudian yang terakhir, IKU Persentase Kualitas Pelaksanaan Anggaran memiliki kendala tidak maksimalnya penyerapan anggaran Triwulan I akibat tertundanya realisasi kegiatan karena pandemi COVID-19.

Berkaitan dengan pemantauan risiko pada Kanwil DJKN SJB, dipaparkan profil risiko pada masing-masing bidang dan rencana mitigasi risiko sepanjang tahun 2021. Salah satunya pada Bidang Lelang dalam menangani risiko berupa “Objek Lelang tidak dapat dikuasai oleh Pembeli Lelang” dengan rencana aksi sebagai berikut:

a.  Mengedukasi calon pembeli lelang agar mengerti dan memahami keuntungan, kerugian dan kendala yang mungkin akan terjadi ketika membeli suatu objek lelang apalagi objek lelang yang bermasalah;

b.  Merekomendasikan kepada penjual untuk melelang objek lelang yang berstatus “free and clear” untuk meminimalisasi permasalahan di kemudian hari;

c.  Memberikan arahan kepada para Kepala KPKNL dan Jabatan Fungsional Pelelang di lingkungan Kanwil DJKN SJB untuk selalu menaati peraturan yang berlaku di bidang lelang, menaati nilai-nilai Kementerian Keuangan dan bertindak menurut akal, pikiran, keyakinan dan hati nurani apa yang terbaik dan sebaiknya dilakukan terhadap Objek Lelang tersebut guna kebaikan bersama.

Kemudian berkaitan dengan pengendalian internal hingga saat ini belum ada arahan lebih lanjut dari Kantor Pusat. Sehingga pelaksanaan pengendalian internal berupa laporan pengendalian internal pada Bidang PKN dan Penilaian belum dapat dilakukan. (TIM KIHI-15)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini