Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pencanangan Zone Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi
Muhammad Zulkifli
Jum'at, 12 Februari 2021   |   206 kali

Palembang – Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung secara daring melalui zoom meeting menyelenggarakan acara pencanangan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Kamis 11 Februari 2021. Acara pencanangan ini dihadiri para pegawai dan pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan, selain itu juga para pegawai dan pejabat satuan kerja dan lembaga/institusi stakeholders Kanwil DJKN SJB.


Acara pencanangan didahului dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.  Setelah itu dilanjutkan dengan penayangan video singkat profil Kanwil DJKN SJB. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kanwil DJKN SJB Surya Hadi. Surya mengungkapkan bahwa Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan public. Kanwil DJKN SJB berkomitmen sangat kuat dan keras untuk melakukan pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Juga berkomitmen bersama untuk membangun ZI WBK.


Selanjutnya sambutan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan yang dalam hal ini diwakili oleh Irban IV Inspektorat Provinsi Sumatera Selatan Muhammad Yamin. Yamin memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kanwil DJKN SJB yang telah menyelenggarakan pencanangan ZI WBK. Acara ini bisa dijadikan motivasi untuk mendorong ASN di Kanwil DJKN SJB untuk berperilaku anti korupsi. Masyarakat mengharapkan pelayanan publik yang benar-benar sejuk, amanah yang bermuara pada kualitas pelayanan yang prima. Merupakan tugas kita bersama sesuai porsi masing-masing untuk melakukan pengawasan dengan tujuan agar menjaga pelaksanaan pembangunan tetap berjalan pada rel yang benar dan mencegah terjadinya penyimpangan.  


Setelah sambutan Gubernur, kemudian dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata. Memulai arahannya, Isa mengingatkan bahwa upaya kita untuk menegakkan anti korupsi, untuk meningkatkan persepsi bebas dari korupsi, bukanlah upaya yang mudah dilakukan bahkan kita merasakan betul berbagai tantangan dan kendala yang dihadapi membuat capaian kita dinilai oleh pihak lain tidak selalu mulus berjalan baik. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah di bidang pelayanan publik khususnya DJKN, kita selalu berusaha meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan meningkatkan integritas dalam setiap aktivitas  dan lini pelayanan.  Pencanangan ZI hari ini justru menjadi titik awal upaya kita terus menerus untuk memperbaiki cara kerja kita, cara kita melayani agar tertampak integritas kita tanpa berarti kita harus menyombongkan diri bahwa kita berintegritas. Membangun integritas merupakan “work in progress” pekerjaan yang terus menerus harus dilakukan. Selalu ada ruang untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik menjadi lebih baik. Upaya membangun organisasi/institusi yang berintegritas sesungguhnya adalah upaya kita untuk menjadi pribadi yang utuh. Menjadi seorang pelayan publik yang berintegritas berarti menjadi ASN yang bersih dari berbagai kepentingan pribadi atau kelompok yang tidak sejalan dengan kepentingan masyarakat yang dilayani. Membangun integritas adalah pekerjaan bersama. Jadikan integritas sebagai DNA dari pekerjaan kita, cara kita, diri kita. Pencanangan ZI hari ini jadikan ujian dan tentunya pasti akan melewati ujian dengan gemilang. Selanjutnya jaga semangat, jaga citra organisasi dan kepercayaan publik. Tegakkan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi atau golongan.


Selanjutnya penayangan testimoni stakeholder Kanwil DJKIN SJB berasal dari Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumatera Selatan, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Kanwil BPN Provinsi Sumatera Selatan, Vice President Supply Chain Manager MedcoEnergi, dan Kepala Badan Keuangan Daerah Kepulauan Bangka Belitung.


Setelah itu dilanjutkan dengan sosialisasi Pencegahan Korupsi dan Gratifikasi oleh Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik - Komisi Pemberantasan Korupsi (Syarief Hidayat). Selesai sosialisasi acara dilanjutkan dengan pencanangan ZI WBK oleh Kepala Kanwil DJKN SJB sekaligus penutupan. Acara berakhir pada pukul 11.00 WIB. (Tim KIHI Kanwil SJB-08).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini