Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Webinar Puncak Hakordia Kemenkeu 2020
Muhammad Zulkifli
Kamis, 10 Desember 2020   |   240 kali

Palembang – Puncak acara Hari Anti Korupsi se-Dunia (Hakordia) Tahun 2020 Kementerian Keuangan melalui webinar dengan tema “Jaga Integritas Diri, Pulihkan Negeri Kala Pandemi” diadakan pada Kamis 10 Desember 2020. Acara webinar dihadiri oleh hampir seluruh jajaran pimpinan dan pegawai Kementerian Keuangan maupun BUMN yang menyaksikan lewat kanal youtube Itjen Kemenkeu, Kemenkeu RI, dan BPPK Kemenkeu. Kegiatan webinar dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB.


Dengan MC Amalia dan Yovita kegiatan webinar diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan laporan Panitia Penyelenggara yang disampaikan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan – Sumiyati. Setelah penyelenggara menyampaikan laporannya, acara dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati.


Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian Penghargaan Menteri Keuangan Atas Kontribusi Dalam Mendukung Kepatuhan LHKPN 100%. Penghargaan Menteri Keuangan diberikan kepada unit terbaik dan admin unit terbaik dengan kriteria paling cepat dan lengkap serta dengan memperhatikan jumlah wajib lapor yang ditangani baik oleh Kantor Pusat maupun unit vertikal. Meskipun di tengah suasana pandemi, Kementerian Keuangan dengan jumlah wajib lapor LHKPN 32.178 sudah menyampaikan laporannya sebanyak 100 %.


Adapun Unit terbaik pengelola LHKPN dengan jumlah wajib lapor lebih dari 1.000 penghargaan diberikan kepada Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.  Untuk jumlah wajib lapor 300 hingga 1.000 diberikan kepada Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko dan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. Sedangkan untuk jumlah wajib lapor kurang dari 300 diberikan kepada BPPK dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan. 


Adapun Admin Unit terbaik pengelola LHKPN dengan jumlah wajib lapor lebih dari 1.000 penghargaan diberikan kepada Admin Unit Direktorat Jenderal Pajak. Untuk jumlah wajib lapor 300 hingga 1.000 diberikan kepada Admin Unit Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Sedangkan untuk jumlah wajib lapor kurang dari 300 diberikan kepada Admin Unit Badan Kebijakan Fiskal. 


Selain itu juga pemberian penghargaan “Exceptional Dedication and Commitment” Sebagai Penggerak Kepatuhan Dalam Pengelolaan LHKPN di Lingkungan Kemenkeu diberikan kepada Hadiyanto selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan.


Setelah pemberian penghargaan, acara webinar dilanjutkan dengan Talk Show atau bincang santai. Bertindak sebagai moderator yaitu Yustinus Prastowo (Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis). Nara sumber yang hadir yaitu Ignasius Jonan (Komisaris Independen PT Unilever Indonesia, Tbk / Komisaris Independen PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk), Jaenal Aripin (Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM), dan Tasya Kamila (Artis/Public Figure).


Usai Talk Show, acara dilanjutkan dengan pengumuman Lomba Desain Grafis dan Menulis Opini. Untuk Lomba Desain Grafis, dari sebanyak 502 karya desain grafis (berupa ilustrasi, karikatur, komikstrip, poster, dan infografis), panitia memutuskan dan menetapkan pemenangnya sebagai berikut : Juara I Millenia Dzakiya dengan judul “Hindari Pandemi, Hindari Korupsi”; Juara II Stephanie Jonatan dengan judul “Integritas Cerminan Identitas”; dan Juara III Muhammad Fahmi Qital dengan judul “Perhatikan Darimana Apa Yang Kamu Makan”.


Untuk Lomba Menulis Opini, panitia telah menerima sebanyak 400 karya tulis terkumpul dan diikuti oleh 367 pelajar seluruh Indonesia. Setelah membaca dengan seksama karya tulis yang berasal dari peserta tersebut, panitia memutuskan dan menetapkan pemenangnya sebagai berikut : Juara I Hesty Nurul Kusumaningtyas dengan judul karya tulis “Di Balik Topeng : Off Cam”; Juara II Andrean Rifaldo dengan judul karya tulis “Pentingnya Menekan Risiko Korupsi Pada Kegiatan Pengadaan Barang/Jasa Selama Masa Pandemi Melalui Intensifikasi Sejumlah Faktor Krusial”; dan Juara III Jessica Cornelia Ivanny dengan judul karya tulis “Optimalisasi E-G2C : Menata Pemerintahan Anti Pungli dan Korupsi di Tengah Pandemi”. (Tim KIHI Kanwil SJB)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini