Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PUG DJKN SJB Untuk Negeri
Edy Heryanto
Jum'at, 22 Maret 2019   |   163 kali

PalembangSemangat, itulah suasana yang terlihat dari peserta Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Kanwil DJKN SJB, Kamis tanggal 21 Maret 2019. Acara yang bertempat di Ruang Rapat Kanwil DJKN SJB ini, selain Sosialisasi PUG juga sekaligus pelepasan pegawai yang telah memasuki masa purna bakti. Acara ini dibuka oleh Thaufik selaku Kakanwil dan dihadiri oleh para Kepala Bidang dan Kepala Seksi serta seluruh pegawai di jajaran Kanwil DJKN SJB.

Pada acara sosialisasi ini penyampaian materi PUG disampaikan langsung oleh Sujarwo selaku Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN SJB,  dengan memberikan pemahaman arti dari PUG itu sendiri dan mengenai kesenjangan gender yang terjadi di DJKN khususnya pada Kanwil DJKN Sumsel, Jambi dan Bangka Belitung.

PUG  merupakan suatu strategi  yang bertujuan untuk menjamin tercapainya kesetaraan dan keadilan gender, yaitu memastikan perempuan atau laki-laki memperoleh akses kepada, berpartisipasi dalam, mempunyai kontrol atas dan memperoleh manfaat yang sama dari berbagai kebijakan dan program di berbagai kehidupan dan pembangunan.

Kanwil DJKN SJB berkomitmen untuk melaksanakan PUG sesuai dengan Inpres Nomor 9 Tahun 2000 dalam Pembangunan Nasional. Hal ini terlihat dari pembentukan TIM PUG Kanwil DJKN SJB yang melibatkan seluruh pegawai di dalamnya.

“Keadilan dan kesetaraan gender sebagai salah satu cita-cita  dan arah dalam pembangunan nasional dapat terwujud jika kita memiliki kesadaran, kepekaan dan respon serta motivasi yang kuat dalam mendukung  terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender tersebut “ pungkas Sujarwo.

Dengan  terwujudnya PUG akan membawa perempuan kedalam arus pembangunan bangsa,  khususnya para perempuan DJKN yang selama ini perannya belum menonjol dapat lebih berkontribusi untuk negeri.

Dalam kesempatan tersebut dibahas juga mengenai rencana pengadaan ruang ramah anak, ruang lakstasi, fasilitas lift untuk disabilitas dan Ibu hamil.

Acara dilanjutkan dengan  pelepasan 2 pegawai Kanwil DJKN SJB yang telah memasuki masa purna bakti yaitu Edy Haryanto sebagai Kepala Seksi Informasi dan Edy M. Djalil sebagai Kepala Seksi Bina Lelang II. Pada kesempatan itu juga Thaufik atas nama DJKN dan Kanwil DJKN SJB mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama ini dan meminta maaf apabila dalam pergaulan sehari-hari dikantor ada perkataan ataupun perbuatan dari teman-teman Kanwil DJKN SJB yang kurang berkenan. Akhir kata tak lupa juga Thaufik berpesan untuk selalu menjaga  silaturahmi, dan acara ditutup dengan sesi foto bersama. (NN/Tim KIHI, Foto: Defrian Chandra/Khairi Andri)


(Bagian Umum - Bidang KIHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini