Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil SJB Lakukan Sosialisasi Kepatuhan Internal dan Proyek Perubahan Bidang Kepegawaian Berbasis VPN
Edy Heryanto
Kamis, 07 Desember 2017   |   217 kali

Palembang – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung (SJB) mengadakan Sosialisasi Internalisasi Kepatuhan Internal dan Proyek Perubahan di bidang kepegawaian melalui peningkatan aplikasi berbasis Virtual Private Network (VPN)  pada Kamis (30/11) di Ruang rapat Utama Kanwil DJKN SJB. Acara yang diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil DJKN SJB ini dibuka oleh Kepala Bagian Umum Sujarwo. Dalam pembukaannya, Sujarwo mengatakan sudah menjadi kewajiban apabila ada pegawai yang diklat maka sepulangnya akan diadakan sharing knowledge  oleh pegawai yang mengikuti diklat tersebut.

Sosialisasi Internalisasi Kepatuhan Internal disampaikan oleh Diaz Difta Bagaskara. Diaz menceritakan materi terkait gratifikasi, zona Integritas, manajemen resiko, pemantauan kendali internal, dan pengeloaan kinerja yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal (OKI) Kantor Pusat DJKN. Materi yang disampaikan oleh Diaz lebih banyak membahas tentang pengelolaaan kinerja.  Pengelolaan Kinerja ini menyangkut apa-apa saja yang menjadi kesalahan dan hal yang perlu diperbaiki dalam penyusunan laporan kinerja. Ia juga manambahkan bahwa materi ini disampaikan oleh Biro Perencanaan dan Keuangan, yang setiap tahun menghitung K3 pegawai,  sehingga penyusunan laporan kinerja menjadi hal yang sangat penting. Selain membahas tentang penyusunan laporan kinerja diaz juga membahas Indikator Kinerja Utama (IKU) yang ada di DJKN.

IKU yang dibahas antara lain, pengurusan piutang negara yang perlu dioptimalkan pengurusannya, IKU terkait BMN diantaranya utilisasi dan revaluasi BMN yang saat ini menjadi target bidang Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) dan bidang penilaian.

Kasubag Kepegawaian Kanwil DJKN SJB Mulyani memberikan pertanyaan tentang penyusunan kontrak kinerja yang selama ini telah dilakukan tetapi masih banyak pegawai yang masih bingung mengenai pengisian serta masih mengandalkan Bidang Kepatuhan Internal, hukum dan Informasi (KIHI) untuk menghandlenya. “Padahal kontrak kinerja itu sendiri adalah tanggung jawab masing-masing individu pegawai untuk membuat dan mengisinya serta atasan langsung yang bertangggung jawab untuk mengapprove dan menyetujuinya berdasarkan beban kinerja masing-masing pegawai,” tanyanya.

Ade Parmono selaku pelaksana bidang Penilaian juga memberikan pendapat tentang IKU terkait pengurusan piutang negara yang dianggap sia-sia dimasukan dalam IKU, karena DJKN sekarang tidak seoptimal seperti dulu pengurusan piutang negaranya, ada bagian lain yang lebih berwenang mengurus piutang itu sendiri. Selain itu,  Kabid KIHI Muhammad Syukur juga menambahkan dan memberikan masukan terkait pertanyaan yang telah diajukan oleh Mulyani dan Ade Parmono,

Di tempat yang sama, Kasubag Kepegawaian Mulyani memaparkan materi mengenai kepegawaian. Ia membahas bahwa sekarang bidang kepegawaian terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dalam aplikasi yang menyangkut masalah kepegawaian melalui aplikasi Single Sign On (SSO) masing- masing pegawai. “Diharapkan untuk ke depannya pegawai dapat lebih memanfaatkan dan mengerti fitur-fitur yang ada diakun SSO karena seluruh data pegawai sekarang sudah diimplementasikan melalui aplikasi mulai dari Diana, E prime dan juga Aladin, yang semuanya berbasis VPN dan dapat diakses oleh seluruh pegawai DJKN Kanwil SJB dengan menggunakan username dan password SSO,” terangnya.

Sebelum akhir acara sosialisasi, Kanwil DJKN SJB juga mengadakan acara pelepasan pegawai yang memasuki masa purna bakti yaitu Syahrul Ahkyar, pelaksana di Bidang Lelang. Thaufik selaku Kakanwil DJKN SJB memberikan pesan dan kesanya dengan menjelaskan tentang makna dari pensiun itu sendiri dan menyampaikan pesan kepada Akhyar untuk senantiasa menjaga kesehatan dan aktif mengikuti kegiatan paguyuban pensiun yang telah dibentuk Kanwil DJKN SJB. Pesan dan kesan juga disampaikan oleh Kabid Lelang Bambang Sugianto mewakili seluruh pegawai Kanwil DJKN SJB. Bambang menceritakan sosok Akhyar pertama kali mengenalnya. "Beliau merupakan sosok pegawai yang selalu humoris dalam bercerita," begitu kata Bambang mengenal Akhyar. Bambang juga berharap Akhyar untuk senantiasa menjaga silaturahmi sampai kapanpun.

Dengan mata sedikit berkaca-kaca, pegawai yang memasuki masa pensiun Akhyar mencoba menceritakan awal mula menjadi pegawai DJKN sampai dengan pensiun. Banyak hal positif yang didapat oleh Akhyar selama menjalani masa aktif sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kanwil DJKN SJB, terutama dari pimpinan-pimpinan Kakanwil terdahulu. Ia juga meminta maaf apabila ada kesalahan-kesalahan selama bertugas. (Seksi Informasi Bidang KIHI)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini