Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Ayo Bersepeda Agar Sehat dan Tetap Produktif
Muhammad Zulkifli
Rabu, 27 Mei 2020   |   844 kali

Palembang - Kegiatan bersepeda kini telah menjadi gaya hidup. Kegiatan tersebut menggerakkan pegawai Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung (SJB) untuk meramaikan jalanan di Kota Palembang dengan bersepeda. Bermula dari insiasi Rahmat Effendi, biasa dipanggil Rahmat - Kepala Bidang Penilaian, kini bersepeda telah menjadi kegiatan rutin beberapa pegawai Kanwil DJKN SJB.

Pada awalnya, Rahmat mengajak beberapa teman untuk mengikuti acara sepeda santai yang diselenggarakan oleh komunitas sepeda di Palembang. Kemudian, Komunitas sepeda semakin digemari dan banyak yang bergabung. Komunitas sepeda ini diberi nama "SJB Community". SJB sendiri memang singkatan dari Kanwil DJKN SJB. Namun, sering digelincirkan menjadi “Sehat Jiwa dan Badan” ujar Rahmat sambil tertawa.

Rahmat yang dulu seorang atlet kempo memberitahu manfaat positif yang diperoleh dari bersepeda. Selain baik untuk kesehatan, bersepeda juga dapat meningkatkan kualitas hidup pelakunya. Bersepeda dapat meningkatkan mood booster, yang sangat membantu untuk meningkatkan produktivitas kerja. Rahmat tidak sembarang bicara, hasil survei 1.000 orang di Britania Raya oleh YMCA, olahraga membuat individu merasa bahagia. Aktivitas bersepeda mengeluarkan adrenalin dan endorfin yang mendorong mood seseorang menjadi lebih baik. Sehingga perasaan gembira yang terpancar akan meningkatkan kinerja seseorang. Manfaat lain yang didapat dengan bersepeda adalah lebih mengenal jalanan di wilayah Kota Palembang.

Ahmad Rustandi biasa dipanggil Ahmad, salah satu anggota bahkan memutuskan untuk bike to work menggunakan sepeda Polygon kesayangannya. Ahmad juga mengikuti beberapa kegiatan komunitas bike to work (BTW) Palembang. Bagi Ahmad, bersepeda ke kantor selain dapat turut mengurangi polusi, ia merasa kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darahnya meningkat.

Didominasi jenis sepeda MTB XC, komunitas yang beranggotakan belasan orang ini, rutin bersepeda pada Selasa, Jumat, dan Minggu pagi dengan menempuh jarak minimal 15 km. Namun karena akan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Palembang, rutinitas bersepeda akan dihentikan untuk sementara waktu. Kegiatan akan kembali dilanjutkan setelah masa tanggap pandemik Covid-19 berakhir. (Ayo… budak-budak Kanwil SJB kito bersepeda).

Penulis: Randi Ikhsan (Pelaksana Bidang Penilaian Kanwil DJKN SJB)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini