Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Momen Idul Fitri di Tengah Pandemi COVID-19
Bintang Adita Putri
Selasa, 19 Mei 2020   |   200 kali

Manado - Suasana Idul Fitri tahun 2020 tentu terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya seiring adanya pandemi corona virus disease 2019 (COVID-19) yang melanda Indonesia. Selama pandemi COVID-19, sejumlah aturan dan kebijakan tentang protokol kesehatan telah ditetapkan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penyebarannya.

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas di rumah mulai dari bekerja, belajar, beribadah, menjaga jarak fisik, menghindari kerumunan massa, dan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, terdapat pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar di sejumlah wilayah sebagai antisipasi penyebaran COVID-19.

Tahun ini mengharuskan kita melakukan penyesuaian untuk menikmati suasana ‘baru’ Idul Fitri. Sholat Ied dilakukan di rumah sebagaimana anjuran Kementerian Agama dalam Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Tengah Pandemi Wabah COVID-19. Tradisi mudik tahunan harus ditunda sampai pandemi mereda. Silaturahmi dan halal bi halal juga harus dilakukan secara daring. Semua ini dilakukan demi membatasi mobilitas agar penyebaran COVID-19 bisa segera dikendalikan.

Tak terkecuali para pegawai perantau pada Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) yang merayakan Idul Fitri tanpa mudik dan tetap tinggal di Manado.

Merebaknya pandemi COVID-19 di tengah suasana ramadhan dan Idul Fitri merupakan suatu ujian sebagai bahan renungan dan momen instropeksi diri. Kondisi ini memupuk kepekaan sosial, kepedulian dengan beramal, dan selalu optimis bahwa pandemi COVID-19 segera berakhir.

Berhasil melewati ujian dengan tetap beribadah dari rumah penuh keikhlasan di tengah situasi sulit tetap patut dirayakan. Sudah saatnya kita rayakan dengan tetap merajut tali persaudaraan, saling menguatkan, dan membangun kebersamaan.

Setelah dua belas bulan berinteraksi penuh salah dan khilaf, mari bersama-sama kita sucikan hati, diri, dan jiwa serta memadukan keikhlasan untuk saling memaafkan.

Kami segenap keluarga besar Kanwil DJKN Suluttenggomalut mengucapkan Selamat Idul Fitri 1441 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin.

Rayakan kemenangan dengan solidaritas dan kesederhanaan. Bersama-sama kita yakin bisa melewati masa sulit ini.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini