Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lestarikan Budaya, Kanwil Lakukan Kick Off “Selasa Berkebaya”
Bintang Adita Putri
Selasa, 03 September 2019   |   172 kali

Manado – Dalam rangka mendukung pelestarian budaya Indonesia, Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) melakukan kick off gerakan Selasa Berkebaya. Para pegawai perempuan kompak mengenakan busana kebaya saat ke kantor pada Selasa (3/9). Gerakan mengenakan busana kebaya yang merupakan identitas bangsa Indonesia itu akan dilaksanakan setiap hari Selasa pertama setiap bulan.

 

Kebanggaan yang luar biasa terpancar dari wajah mereka saat melakukan foto bersama di Gedung Keuangan Negara Manado. Mereka tampak anggun dalam balutan busana khas Indonesia tersebut. Berbagai jenis kebaya dari beberapa daerah di Indonesia direpresentasikan dan diekspresikan dengan paduan berbagai gaya sesuai dengan selera masing-masing pegawai.

 

Gerakan Selasa Berkebaya diinisiasi oleh Komunitas Perempuan Berkebaya (KPB) dan didukung oleh Tim Pengarusutamaan Gender (PUG) Kementerian Keuangan. Kebaya merupakan busana warisan leluhur yang memiliki nilai budaya dan sejarah tinggi, sudah seharusnya seluruh komponen bangsa turut melestarikannya. Sebab, sejarah Indonesia melekat pada busana yang sudah dipakai perempuan Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu ini dan merekam perjalanan budaya di berbagai daerah sampai sekarang.

 

“Mari jadikan gerakan Selasa Berkebaya untuk semakin meningkatkan kebanggaan kita menjadi orang Indonesia," kata Kepala Kanwil, A.Y. Dhaniarto. Lebih lanjut, Dhaniarto juga berharap gerakan tersebut dapat membangkitkan semangat cinta kepada kebudayaan Indonesia di lingkungan Kementerian Keuangan khususnya Kanwil DJKN Suluttenggomalut.

 

Kebaya adalah identitas budaya Indonesia yang harus kita lestarikan. Di tengah era modern dan anak muda milenial, perlahan-lahan kebaya dan pakaian adat mulai ditinggalkan. Adanya gerakan Selasa Berkebaya bertujuan untuk memperkenalkan kembali kebaya sebagai bagian dari sejarah dan budaya Indonesia, meningkatkan kreativitas dalam mendesain kebaya tanpa meninggalkan pakem budaya yang merupakan warisan leluhur dan menjadi pemersatu bangsa.

 

Diharapkan gerakan Selasa Berkebaya dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya nusantara dan semangat nasionalisme kepada seluruh pegawai. (bap/wdp)

                                

 

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini