Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Renungkan Semangat dan Keihklasan Para Pejuang Bangsa
Ayutia Nurita Sari
Kamis, 10 November 2022   |   69 kali

Manado - Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-77 yang digelar oleh Unit Vertikal Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara berjalan dengan khidmat.

Kamis (10/11/22), para pejabat dan pegawai Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut), KPKNL Manado, bersama unit vertikal di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), serta Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan di wilayah Sulawesi Utara berkumpul untuk menghadiri upacara di Aula Lantai 6 Gedung Keuangan Negara Manado.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara, Erwin Situmorang bertindak selaku Inspektur Upacara sekaligus memberikan amanat upacara.

“Hari ini merupakan momentum bagi kita semua untuk sungguh-sungguh merenungkan semangat dan keikhlasan para pejuang bangsa yang telah gugur dalam palagan pertempuran demi terwujudnya Indonesia Merdeka sekaligus menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara yang merdeka,” kata Erwin dalam pidatonya.

“Para pahlawan kita telah memberikan teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru, kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman. Tak hanya dengan senjata, tetapi juga dengan pemikiran, dan karya-karya nyata, para pahlawan bangsa telah mengajarkan kepada bahwa kita bukan bangsa pecundang,” ungkap Erwin.

“Oleh karena itu, tekad ‘sekali merdeka, tetap merdeka’ menjadi modal dasar kita untuk menjadi ‘Bangsa Pemenang’ dalam menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita,” tuturnya.

Erwin juga menyampaikan bahwa di mana pun kita berada suarakan gairah untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dalam arti yang luas. Mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi bangsa dan Negara tercinta. Mari kita merajut kesejahteraan, menjadi pahlawan bangsa di masa kini dan masa depan,” ajak Erwin.

“Mari kita jadikan momentum peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya,” imbuh Erwin.

Erwin juga mengajak agar semangat dan nilai–nilai kepahlawanan dapat dijadikan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama.

Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa–masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi Pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022! (ayu)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini