Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-94 dan Hari Oeang RI Ke-76, Kemenkeu Sulut Gelar Upacara
Ayutia Nurita Sari
Senin, 31 Oktober 2022   |   68 kali

Manado - Upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 dan Hari Oeang Republik Indonesia ke-76 yang digelar oleh Unit Vertikal Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara berjalan dengan khidmat.

Senin (31/10/22), para pejabat dan pegawai Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut), KPKNL Manado, bersama unit vertikal di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), serta Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan di wilayah Sulawesi Utara berkumpul untuk menghadiri upacara di Lapangan Parkir Gedung Keuangan Negara Manado. Diketahui sebanyak 12 petugas upacara dan lebih dari 150 peserta upacara turut terlibat.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Arif Bintarto Yuwono bertindak selaku Inspektur Upacara.

“Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan adalah tema yang kita pilih untuk peringatan Hari Oeang ke-76. Tema yang relevan dan menggambarkan kondisi Kementerian Keuangan saat ini,” ungkap Insepektur Upacara.

“Saya berharap peringatan HORI tidak hanya menjadi sukacita perayaan atas 76 tahun usia Kementerian Keuangan. Lebih dari itu, semoga peringatan HORI mampu menjadi titik perhentian sejenak untuk merefleksikan diri dan memetakan langkah-langkah ke depan, bagaimana Kementerian Keuangan terus menjaga dan mewujudkan cita-cita Indonesia,” tuturnya.

Disampaikan dalam pidato juga pada tanggal 28 Oktober kemarin, kita baru saja memperingati hari Sumpah Pemuda dimana tepat 94 tahun yang lalu para pemuda dari berbagai daerah di seluruh nusantara berjanji untuk bersatu atas nama tanah air Indonesia, berbangsa Indonesia, dan memiliki bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia.

“Sumpah Pemuda mengingatkan kita bahwa semangat kesatuan dan persatuan Indonesia lahir bahkan sebelum Indonesia merdeka dan menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan,” ujar Inspektur Upacara.

“Saya harap seluruh jajaran Kementerian Keuangan dapat terus memberikan kontribusi terbaik dimanapun dengan mengedepankan semangat gotong royong dan kolaborasi di dalam kemajemukan,” pesannya.

Inspektur Upacara menyampaikan bahwa semangat Hari Oeang diharapkan menjadi inspirasi bagi kita untuk menyejahterakan bangsa melalui berbagai cara.

Selama 76 tahun, Kemenkeu terus menjaga semangat yang sama dengan memberikan pelayanan dan berupaya menuju kesempurnaan dalam menjaga dan membangun Indonesia melalui pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

“Tugas-tugas besar menanti kita. Tantangan yang akan kita hadapi tidak mudah. Namun, kita seluruh jajaran Kementerian Keuangan, harus terus berusaha mempersembahkan kinerja terbaik dalam mengemban amanah sebagai punggawa keuangan negara,” seru Inspektur Upacara.

Selain pembacaan pidato oleh Inspektur Upacara, rangkaian kegiatan upacara meliputi pembacaan teks pancasila, pembukaan UUD Tahun 1945, Putusan Kongres Pemuda-Pemuda Indonesia 1928, dan Mengenang Detik-Detik Beredarnya Oeang R.I., menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta, serta pembacaan doa.

Tetap yakin, optimis, dan bersemangat, Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan demi kebangkitan ekonomi Indonesia. Selamat Hari Oeang Republik Indonesia ke-76! (ayu)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini