Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil Berikan Apresiasi Kepada Bupati Kabupaten Poso atas Kerjasama Pengelolaan BMD
Ayutia Nurita Sari
Selasa, 23 Maret 2021   |   118 kali

Palu (23/03) – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu mengadakan pertemuan dengan Bupati Kabupaten Poso, dr. Verna G. Merry Ingkiriwang dengan didampingi oleh Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Kabupaten Poso, Sukimin.

Acara pertemuan tersebut dilaksanakan dalam rangka pemberian apresiasi atas kerja sama, koordinasi, dan sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Poso dalam pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah (BMN/D) yang berada di wilayah Kabupaten Poso.

“Nilai BMN tercatat yang dikelola sampai dengan tahun 2015 sebesar Rp404,42 miliar. Kemudian dilakukan penilaian kembali/revaluasi BMN pada tahun 2017-2018 dan nilai BMN naik menjadi Rp896,26 miliar”, ujar Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Aloysius Yanis Dhaniarto dalam sambutannya.

Yanis mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Poso atas kontribusinya dalam penyelesaian Aset Bekas Milik Asing/Tionghoa (ABMA/T) dengan menerima ABMA/T untuk dijadikan Barang Milik Daerah.

“Kerjasama yang baik ini kami harapkan dapat kita lanjutan dalam bentuk pengelolaan BMN/D serta pelaksanaan tugas fungsi kami antara lain membantu proses penilaian BMD, lelang BMD, dan pengurusan piutang daerah”, ungkap Yanis.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kabupaten Poso mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Poso menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kanwil DJKN Suluttenggomalut dan KPKNL Palu atas sinergi dan kerjasama dalam pengelolaan BMD.

“Pemerintahan yang kami jalankan berkomitmen untuk mewujudkan pemerintah yang responsif, profesional, transparan, melayani, bekerja tuntas, inovatif, dan akuntabel untuk mewujudkan tata pemerintah yang baik. Sehingga dibutuhkan keterbukaan, akuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi, menjunjung tinggi supresmasi hukum, dan membuka partisipasi masyarakat guna mencapai kelancaran, keserasian, dan keterpatuhan tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan”, terang Verna.

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Poso sedang menjalankan kegiatan penertiban aset. Langkah tersebut merupakan salah satu upaya kami untuk menertibkan BMD agar pengelolaannya lebih baik lagi”, tuturnya.

“Kami berharap permasalahan pada aset BMD dapat diselesaikan secepatnya sehingga tekad kami untuk menjadi kabupaten yang maju, sejahtera, dan terdepan di Sulawesi Tengah dapat tercapai. Tentu saja kami memerlukan dukungan dari DJKN untuk bisa mewujudkan ini. Kami berharap kerjasama yang baik ini bisa terus belanjut untuk menciptakan pengelolaan BMN/D yang tertib, transparan, dan akuntabel”, tambahnya.

Acara ditutup dengan dengan penyerahan piagam penghargaan dari Kanwil DJKN Suluttenggomalut kepada Pemerintah Kabupaten Poso sebagai Best Collaboration Partner atas Penyelesaian ABMA/T Tahun 2014 dan 2019, serta penyerahan piagam penghargaan dari KPKNL Palu. (ayu/wdp)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini