Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tingkatkan Layanan kepada Stakeholders, KPKNL di Wilayah Kanwil DJKN Suluttenggomalut Gelar Gerai Layanan Virtual
Ayutia Nurita Sari
Kamis, 12 November 2020   |   101 kali

Manado – Gerai Layanan Virtual (GLV) merupakan kegiatan kolaborasi antara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) serta Kantor Wilayah dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dibawahnya. Kegiatan ini digelar serentak pada Kamis (12/11) dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun DJKN ke-14 dan sebagai bentuk komitmen kepada para pemangku kepentingan dan pengguna jasa DJKN untuk senantiasa berinovasi serta meningkatan kualitas dan mutu layanan.

 

“Kegiatan GLV sejalan dengan program digitalisasi yang sedang dijalankan DJKN. Proses bisnis pada kegiatan layanan komunikasi dilakukan secara digital dalam proses, inovatif dalam berpikir, dan militan dalam implementasi”, ungkap Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan GLV.

 

Isa berpesan bahwa inovasi-inovasi ini diharapkan dapat menjadi embrio bagi virtual office dalam memberikan layanan kepada stakeholders secara profesional dan berkualitas. “Agar setiap kepala KPKNL segera merespon masukan yang disampaikan dalam Gerai Layanan Virtual dengan melakukan perbaikan layanan dengan batasan dalam koridor yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan,” tutupnya.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan GLV oleh masing-masing KPKNL dengan merujuk tema inovasi dan layanan serta konsultasi bagi para pengguna layanan DJKN.

 

KPKNL Manado mengusung tema DJKN Dinamis Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dengan mengundang satuan kerja perbankan pada lingkup KPKNL Manado pada kegiatan GLV. Acara diawali dengan sosialisasi pencegahan coronavirus disease 2019 (COVID-19), pelaksanaan lelang Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), pemberian apresiasi kepada satuan kerja penyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar, serta acara penutupan secara simbolis dengan pemotongan tumpeng.

 

Acara berlangsung meriah dimana para pegawai KPKNL Manado turut menggunakan pakaian adat khas Minahasa serta menampilkan video persembahan berupa tarian, persembahan lagu, dan stand up comedy.

 

Tema “Apresiasi kepada Stakeholders dalam Mendukung Lelang” diangkat oleh KPKNL Palu dengan mengundang para satuan kerja perbankan. Kepala KPKNL Palu Devi Lesilolo mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi para stakeholders sebagai mitra pelayanan KPKNL Palu melalui layanan lelang.

 

“KPKNL Palu turut membantu pelayanan lelang pada perbankan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional. Semoga DJKN dapat meningkatkan layanannya, semakin dikenal, dan semakin dinamis,” tuturnya.

 

Kegiatan GLV pada KPKNL Palu diisi dengan pemaparan pelaksanaan kegiatan lelang amal dan lelang non eksekusi sukarela, testimoni dari penjual dan pembeli lelang, pemberian penghargaan kepada pembeli lelang dan acara hiburan.

 

“Terima kasih telah diberikan kemudahan dalam layanan lelang mulai dari permohonan hingga penetapan,” ujar Andi Faisal dari Bank Mandiri dalam testimoninya sebagai penjual lelang.

 

Pada kesempatan yang sama, KPKNL Gorontalo juga menyelenggarakan GLV dengan tema “Lebih Dekat dengan KPKNL Gorontalo” dengan menghadirkan para satuan kerja di lingkup KPKNL Gorontalo.


“Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi ajang para satuan kerja untuk bertanya langsung kepada kami. Terima kasih atas kerja sama berbagai pihak yang turut andil dalam meningkatkan kualitas KPKNL Gorontalo,” pungkas Kepala KPKNL Gorontalo Diana Setiastanti pada pembukaan acara. 

 

Acara dilanjutkan dengan bincang santai mengenai peningkatan pada permohonan layanan dan penerapan protokol COVID-19, penilaian BMN di lapangan, pelaksanaan lelang, kegiatan di kantin Bakumpul serta hiburan dan games.

 

Kegiatan GLV pada KPKNL Gorontalo juga dihadiri oleh Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto. “Lelang dapat dilakukan secara online agar masyarakat lebih fleksibel dalam menggunakannya. Diharapkan dengan adanya lelang online, pengguna lelang akan semakin banyak,” jelasnya.

 

Selain tiga KPKNL di atas, KPKNL Ternate juga turut memeriahkan kegiatan GLV dengan mengusung tema “KOFI NITAIKA Virtual Permohonan Lelang Online”. Kegiatan ini berkonsep diskusi dalam balutan coffee morning dimana para stakeholders yang hadir dapat secara langsung merasakan kopi melalui sistem delivery ke kantor masing-masing.

 

Kepala Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) Aloysius Yanis Dhaniarto dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini ditujukkan untuk memperkenalkan dan menginformasikan layanan permohonan lelang online.

 

“Pemohon lelang diharapkan dapat berperan aktif untuk melakukan lelang secara online dan semoga para hadirin mendapatkan manfaat sebagaimana diutarakan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara bahwa tujuan dari seluruh layanan kami adalah kepuasan stakeholder,” tambahnya.

 

GLV ini dimanfaatkan oleh KPKNL Ternate untuk memperkenalkan platform layanan permohonan lelang online berbasis web yang merupakan pengembangan dari portal Lelang Indonesia.

 

Salah satu partisipan dari BRI Cabang Ternate menyampaikan testimoni layanan KPKNL Ternate, “Pelayanannya paling mantap, mulai dari proses pengurusan sampai penyerahan risalah lelang Alhamdulillah terbantu”.

 

Penyelenggaraan GLV ini  dapat dijadikan sebagai sarana penunjang untuk memudahkan komponen unit kerja dalam berkolaborasi dan melakukan komunikasi secara efektif serta memunculkan ide-ide inovasi demi menciptakan layanan unggulan. (ayu/wdp)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini