Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dukung Program PEN, Kanwil dan KPKNL Manado Siap Bantu Pelaku Usaha UMKM/UKM Pasarkan Produk Melalui Portal Lelang
Ayutia Nurita Sari
Rabu, 14 Oktober 2020   |   129 kali

Manado (Senin, 12/10/2020) - Merebaknya virus COVID-19 (coronavirus disease 2019-red) sebagai pandemi global telah melumpuhkan hampir seluruh sektor usaha. Adanya kebijakan physical distancing yang menjadi bagian dari protokol kesehatan untuk menghindari penyebarannya tentu juga sangat mempengaruhi kegiatan dunia usaha. Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) merupakan salah satu rangkaian program Pemerintah Indonesia yang terbitkan untuk mengurangi dampak COVID-19 terhadap perekonomian.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) Aloysius Yanis Dhaniarto saat membuka acara Sosialisasi Lelang Sukarela Produk UMKM/UKM pada Senin pagi (12/10).

 

"Pemerintah menyiapkan program PEN untuk memulihkan ekonomi Indonesia. Tak hanya dari sisi produksi namun juga konsumsi. Stimulus ekonomi diberikan dalam beberapa relaksasi yang semuanya bertujuan agar pelaku usaha bertahan dan bangkit mengatasi keterpurukan ekonomi", kata Yanis.

 

Ia juga mengatakan pemerintah menjalankan program PEN sebagai respon atas penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi khususnya sektor informal atau Usaha Mikro Kecil Menengah/Usaha Kecil Menengah (UMKM/UKM).

 

Menurutnya, Program PEN dapat menjadi oasis di tengah musim kering, utamanya bagi sektor informal untuk bergerak serta meningkatkan kinerja sehingga dapat berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Utara Ir. Ronald T.H. Sorongan, M.Si. mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mendukung penuh kegiatan tersebut.

 

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengapresiasi kegiatan Lelang Sukarela Produk UKM/UMKM sebagai aksi nyata bentuk kepedulian Kanwil DJKN Suluttenggomalut terhadap para pelaku usaha. Tentu saja, kita harus saling support dan berkolaborasi agar roda perekonomian yang dijalankan oleh UMKM/UKM di Sulawesi Utara dapat tetap berjalan”,  ungkapnya.

 

Dirinya juga berpesan kepada para pelaku usaha agar memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya serta menjaga kualitas produk mereka.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia, Boulevard Manado Kurniawan Prihatmaka menyampaikan bahwa sudah saatnya masyarakat bangga dengan produk karya anak bangsa dan para pelaku usaha juga harus aktif memperkenalkan produk-produk mereka.

 

Sebagai informasi, terselenggaranya kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kanwil DJKN Suluttenggomalut serta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Manado dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Utara dan PT. Bank Rakyat Indonesia Wilayah Manado.

 

Selain itu, Lelang Sukarela Produk UMKM/UKM adalah rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Oeang Republik Indonesia ke-74.

 

Tidak hanya di Manado, kegiatan serupa juga akan diselenggarakan oleh 3 unit vertikal lain di lingkup Kanwil DJKN Suluttenggomalut yaitu KPKNL Gorontalo, KPKNL Palu, dan KPKNL Ternate serta unit vertikal DJKN di seluruh Indonesia.

 

Portal Lelang Indonesia www.lelang.go.id digunakan secara serentak di seluruh Indonesia untuk mendukung pemasaran dan penjualan produk UMKM/UKM yang akan berlangsung selama sepekan mulai 19 Oktober 2020 hingga 23 Oktober 2020. (bap-llg)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini