Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Upgrading Lelang Bersama Kepala Kanwil
Bintang Adita Putri
Selasa, 19 Mei 2020   |   103 kali

Manado (Senin, 18/05/2020) – Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) mengadakan sharing session Senin Belajar dengan tema “Mengenal Lelang Lebih Dekat”. Kegiatan ini dilakukan melalui video conference dan diikuti pejabat/pegawai Kanwil DJKN Suluttenggomalut, para pejabat di lingkungan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang serta seluruh pejabat lelang di lingkungan Kanwil DJKN Suluttenggomalut.

Materi sharing session dibawakan langsung oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Aloysius Yanis Dhaniarto.

“Kita akan bicara soal lelang. Lelang zaman dulu dengan sekarang, jauh berbeda. Sudah hampir 28 tahun saya mempelajari dan mendalami lelang selaku pejabat lelang”, terang Yanis.

“Disini, saya memberikan istilah upgrading lelang. Tidak semuanya, hanya terhadap hal-hal baru dan penting yang berbeda”, tambahnya lebih lanjut.

Pada kesempatan tersebut, Yanis memberikan materi-materi pokok terkait lelang diantaranya, dasar hukum lelang, masuknya lelang ke Indonesia, sejarah lelang di Indonesia, definisi lelang, unsur-unsur lelang, hakekat lelang, dan klasifikasi lelang. Dibahas pula cara-cara penawaran lelang beserta contohnya.

Sebagai informasi, lelang merupakan salah satu layanan unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang di seluruh Indonesia. Selain sebagai salah satu alternatif jual beli bagi masyarakat, lelang juga berkontribusi bagi negara terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Dalam perkembangannya, proses bisnis lelang terus bertransformasi dengan adanya modernisasi seiring kemajuan teknologi. Terlebih saat ini telah hadir portal lelang.go,id di tengah masyarakat sebagai one stop service layanan lelang yang mudah diakses.

Kegiatan sharing session ini untuk me-refresh kembali pengetahuan lelang para pegawai karena beberapa pegawai tidak berada di seksi pelayanan lelang atau pernah belajar mengenai dasar-dasar lelang di jenjang perkuliahan.(wdp/bap)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini