Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Humas Se-DJKN Suluttenggomalut Adakan Diskusi, Bahas Aktivitas Jurnalistik
Bintang Adita Putri
Rabu, 29 April 2020   |   117 kali

Manado (Selasa, 28/04/2020) – Dalam rangka membangun komitmen dan kesepakatan bersama terhadap peningkatan kinerja kehumasan,  Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) mengadakan video conference evaluasi dan sharing session aktivitas jurnalistik serta kehumasan.

Kegiatan ini diikuti oleh para pejabat/pegawai pada Seksi Hukum dan Informasi yang bertugas menangani humas di masing-masing unit Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di lingkungan Kanwil DJKN Suluttenggomalut.

Materi yang disampaikan diantaranya, pengelolaan media sebagai strategi pemberitaan, evaluasi aktivitas jurnalistik pada portal website DJKN selama triwulan I 2020, penggunaan media sosial untuk menyampaikan tugas dan fungsi DJKN, serta sharing session penulisan berita, kilas peristiwa, artikel, maupun siaran pers.

Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi (KIHI) Anggun Prihatmono mengatakan bahwa humas berperan penting dalam menyampaikan apa yang telah dilakukan oleh pimpinan dan/atau organisasi.

“Humas sebagai pengelola media informasi harus berkemampuan untuk menarik perhatian melalui berbagai kegiatan publikasi yang kreatif, inovatif, dinamis, dan menarik bagi publik,” terangnya.

Anggun juga mengingatkan agar selalu melakukan update konten atau informasi penting pada laman portal website kantor. Terlebih dalam masa pandemi corona virus disease (COVID-19) sekarang ini, laman portal bisa diibaratkan sebagai beranda Area Pelayanan Terpadu (APT) secara online sehingga fungsinya harus dioptimalkan.  Selain itu, media sosial juga harus dimaksimalkan penggunaannya sebagai salah satu saluran untuk menyebarkan informasi.

 

Pada sesi selanjutnya, Kepala Seksi Informasi, Bidang KIHI Wahyu Dwi Prasetya menyampaikan materi tentang panduan penulisan berita. Wahyu mengatakan, jika harus berteori jurnalistik maka ada beberapa unsur-unsur yang harus dipenuhi saat menulis berita.

 

“Penting bagi media, pembaca, dan masyarakat luas maupun stakeholders. Aktual berisi peristiwa terkini dan mempunyai daya tarik. Tidak semua peristiwa layak dijadikan berita”, kata Wahyu. Ia menekankan pentingnya menyajikan fakta dan menjauhi opini dalam menulis berita.

 

Sebagai penutup, dilakukan diskusi dan sharing session terkait pelaksanaan kehumasan di masing-masing KPKNL. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi langkah dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas pelaksana humas di masing-masing unit kerja/KPKNL lingkup Kanwil DJKN Suluttenggomalut. (wdp/bap)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini