Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Respon Dampak COVID-19, Kanwil DJKN Suluttenggomalut dan KPKNL Manado Salurkan Bantuan
Bintang Adita Putri
Senin, 20 April 2020   |   208 kali

Manado (Jumat, 17/04/2020) – Dampak dari penyebaran corona virus disease 2019 (COVID-19) bukan hanya berpengaruh terhadap kondisi kesehatan masyarakat, namun juga pada kondisi ekonomi. Pemerintah mengatur upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan mewajibkan melakukan social atau physical distancing. Selain itu, masyarakat juga dihimbau oleh pemerintah untuk melakukan aktivitas di rumah, akibatnya sebagian orang yang menggantungkan hidupnya sebagai pekerja harian mengalami penurunan pendapatan.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak COVID-19, para pegawai Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado berinisiatif menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. Aksi sosial pemberian bantuan beras ini telah dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Manado.

"Adanya pandemi COVID-19 ini berdampak cukup besar pada perekonomian, khususnya bagi masyarakat yang berpendapatan harian dan tidak bisa beraktivitas seperti biasanya. Sebagai bentuk kepedulian, kita berusaha memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.”, ujar Kepala Bagian Umum Priyanto Nugroho selaku koordinator kegiatan.

Para pegawai turun di beberapa titik Kota Manado untuk menyalurkan bantuan langsung kepada masyarakat pekerja informal seperti sopir angkutan umum, tukang ojek, penjual makanan, tukang kebersihan, dan juga bagi kelompok penyandang tunanetra yang terpaksa tidak bisa berusaha. “Penumpang turun jauh dan pendapatan anjlok akibat virus corona ini. Saya sebagai tulang punggung keluarga tidak bisa di rumah terus. Profesi kami tidak sama dengan yang kerja di kantor.”, ungkap salah seorang sopir angkutan umum.

Sementara itu, para pegawai tak lupa mengajak masyarakat untuk bersama-sama memutus penyebaran COVID-19 dengan cara hidup sehat dan bersih. Aksi tersebut dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, menjaga jarak, dan menggunakan masker. “Tetap jaga kesehatan ya Bapak/Ibu. Jangan lupa jaga jarak, menggunakan masker, rajin cuci tangan, dan berjemur.”, pesan Kepala Seksi Piutang Negara I Harry Sahertian seraya memberikan bantuan.

Seperti diketahui, Torang Samua Basudara adalah kearifan lokal masyarakat Sulawesi Utara. Torang samua basudara, kong baku-baku bae, dan baku-baku sayang (kita semua bersaudara, antara yang satu dengan yang lainnya). Aksi sosial ini diharapkan mendorong masyarakat di tengah kondisi pandemi COVID-19 untuk saling berbagi, tolong menolong, memperkuat, dan mempersatukan kita semua sehingga bisa melewati masa sulit dengan semangat bergotong royong.

“Si tou timou tumou tou” (Manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia). (wdp/bap)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini