Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
FGD Lelang, Hasilkan Strategi Kreatif Demi Pencapaian Target
Bintang Adita Putri
Senin, 30 September 2019   |   154 kali

Manado – Bidang Lelang Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama dengan seluruh jajaran Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di wilayahnya pada Jum’at s.d. Sabtu (27-28/09/2019).

FGD diikuti oleh perwakilan dari Seksi Pelayanan Lelang dan Pejabat Lelang (PL) dari masing-masing KPKNL yaitu KPKNL Manado, KPKNL Palu, KPKNL Gorontalo dan KPKNL Ternate. Turut hadir dalam acara ini adalah Kepala KPKNL Manado, Rofiq Manshur dan Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika.

Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Aloysius Yanis Dhaniarto berharap para peserta dapat berperan aktif sehingga setelah kembali dari acara ini akan bertambah ide-ide kreatif untuk meningkatkan kualitas lelang dan pelayanan pada umumnya.

“Semoga kita dapat saling mengisi, sharing semua masalah termasuk juga solusi yang akan diterapkan nantinya dan bisa menghasilkan strategi-strategi kreatif dalam upaya pencapaian target lelang”, kata Yanis.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Lelang, Neil Efryano Prayoga mengatakan bahwa tujuan acara ini untuk mengevaluasi permasalahan yang muncul terkait lelang serta bersama-sama mencari solusinya.

Fokus tema dalam kegiatan ini antara lain sosialisasi kebijakan lelang, current issue, evaluasi kinerja, Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlelangan, roadmap lelang dan juga hal-hal lain terkait permohonan lelang online, pelaporan dan administrasi lelang, peyampaian salinan risalah lelang secara softcopy serta strategi pencapaian kinerja ke depan. Mudah-mudahan kita semua fokus dalam diskusi, bisa sharing segala permasalahan di lapangan dan masukan terkait pelayanan lelang”, ungkapnya.

Pembahasan dan sharing permasalahan maupun solusi dari masing-masing KPKNL dimoderatori secara langsung oleh Neil. Berbagai permasalahan yang telah dikemas sedemikian rupa, membuat acara ini tetap fokus serta menarik untuk disimak oleh peserta.

“Masing-masing perwakilan dari KPKNL dapat menyampaikan poin-poin permasalahan yang dihadapi dan bagaimana solusi yang diterapkan, sementara rekan-rekan KPKNL yang lain memberikan tanggapan atau masukannya sesuai dengan pengetahuan maupun pengalaman empirisnya”, ujar Neil.

Dalam sesi selanjutnya, dibahas pula mengenai materi gugatan perkara lelang yang disampaikan oleh Fatmah Jasin Wartabone, Kepala Seksi Hukum, Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi (KIHI) Kanwil DJKN Suluttenggomalut. Fatmah mencoba untuk menghubungkan praktik layanan lelang dengan implikasi gugatan hukum yang muncul di lapangan. Ia mencoba menjelaskan dan memetakan berkas perkara yang ada berdasarkan objek yang sering dijadikan gugatan oleh para penggugat.

Di akhir acara, disusun poin-poin kesimpulan hasil FGD untuk selanjutnya dijadikan sebagai kesepakatan atau rujukan bersama serta sebagai bahan-bahan usulan bagi kebijakan terkait lelang. (bap/wdp)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini