Sinergi Wujudkan Kinerja Maksimal
Manado – Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi (KIHI)
Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara dalam
kunjungannya ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado mengadakan
pembinaan terkait tugas dan fungsi Seksi Kepatuhan Internal serta Seksi Hukum
dan Informasi pada Senin (22/7). Kegiatan
ini merupakan salah satu bentuk sinergi Kanwil dengan KPKNL dan sebagai bagian
dari tusi Kantor Wilayah dalam membina, memberikan supervisi, dan mengarahkan
KPKNL yang berada di lingkup wilayah kerjanya. Hadir dalam kegiatan ini, Kepala
Bidang KIHI, Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Kepala Seksi Hukum, Kepala Seksi
Informasi, Kepala KPKNL Manado dan para Kepala Seksi serta 1 (satu) orang
pelaksana pada seksi terkait.
Kepala
KPKNL Manado, Rofiq Manshur, menyambut baik kunjungan Bidang KIHI untuk melakukan
monitoring dan evaluasi kepatuhan internal, hukum dan informasi. “Terimakasih
atas kunjungan kerja tim Bidang KIHI Kanwil, kami harap kegiatan ini dapat
memberikan perbaikan bagi kinerja KPKNL khususnya kepatuhan internal, hukum,
dan informasi”, ujarnya.
Kepala
Bidang KIHI, Anggun Prihatmono, menyampaikan bahwa sebenarnya pembinaan bukan
hanya dapat dilakukan melalui kunjungan namun dapat menggunakan dan
memanfaatkan teknologi informasi seperti e-mail,
WhatsApp Group, telepon atau video
conference. Lebih lanjut, Anggun menyampaikan beberapa Indikator Kinerja
Utama (IKU) KPKNL Manado yang masih perlu ditingkatkan. “Laporan-laporan terkait
Standard Operating Procedure (SOP)
mohon dapat diselesaikan tepat waktu, kalau tidak tepat penyelesaiannya akan
menimbulkan efek berantai karena pelaporannya sampai dengan Kantor Pusat.
Penyampaian laporan yang tepat waktu akan mempermudah pimpinan dalam mengambil
kebijakan”, tegasnya.
Dalam acara
tersebut dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab mengenai SOP layanan
unggulan pada seksi terkait yang masih perlu tindak lanjut. Dalam sesi tanya
jawab, perwakilan pegawai menyampaikan permasalahan yang ditemui terkait
kendala teknis sehingga capaian semester I masih kurang maksimal.
Diharapkan
setelah dilaksanakannya pembinaan ini, pegawai KPKNL Manado dapat melaksanakan
tugas dengan lebih baik dan sesuai SOP yang berlaku, terutama dalam memberikan
pelayanan kepada stakeholders.
(Teks/Foto
: BAP/WDP)