Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara
Berita DJKN

Kunci Lolos PKN STAN, Gunawan: Belajar, Berdoa, dan Restu Orang Tua

Jum'at, 26 April 2019   |   49 kali

Manado -  Kanwil DJKN Suluttenggomalut menjadi narasumber terkait tugas dan fungsi DJKN pada acara open class di Balai Diklat Keuangan Manado.

Open class kali ini mengangkat tema “Masuk Sekolah Kedinasan Kementerian Keuangan? Bagaimana Caranya?” yang dilaksanakan selama tiga hari sejak Senin (22 April) sampai dengan Rabu (24 April).

Kegiatan open class dihadiri oleh para calon lulusan SMA di Manado serta narasumber dari instansi di bawah Kementerian Keuangan di Sulawesi Utara.

Kanwil DJKN Suluttenggomalut diwakili oleh Kasubag Kepegawaian (Gunawan Setyo Wibowo), Lulusan DI PPLN Manado (Jeaniva Najoan), serta Lulusan DIII Penilai (Andri Setia Budi) yang memaparkan mengenai tusi DJKN, seperti Piutang Negara, Lelang, Penilaian, dan Pengeloaan Kekayaan Negara.

Kegiatan berlangsung dari pukul 14.00-17.00 WITA setiap harinya, walaupun kondisi Kota Manado sedang hujan, tetapi tidak mengurungkan niat para peserta. Para peserta antusias untuk mendengarkan sosialisasi yang disampaikan serta memberikan pertanyaan seputar perkuliahan di PKN STAN, maupun tusi dari masing-masing instansi.

Nama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) berubah menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) pada tahun 2015, agar tidak menghilangkan identitasnya, nama STAN tetap dipakai dibelakang PKN. Sistem pendidikan juga telah mengikuti standar pada Politeknik, seperti berubahnya “spesialisasi” menjadi “jurusan”, serta tenaga pengajar yang merupakan dosen tetap.

“Tips dan trick  lolos PKN STAN yaitu belajar, banyak ikut try out, berdoa, serta minta restu dari orang tua, tetapkan target diatas ambang batas kelulusan, serta belajarlah bersama, karena tipe soal pada USM PKN STAN bermacam-macam,” imbuh Gunawan selaku Kasubag Kepegawaian DJKN Suluttenggomalut.

“Kenapa sih kita harus kuliah di PKN STAN, dibandingkan dengan Universitas Negeri atau Swasta pada umunya?” lontar Agus sebagai perwakilan dari BDK Manado.

“Setidaknya ada empat alasan mengapa kita harus berkuliah di PKN STAN. Pertama, uang kuliah gratis. Kedua, setelah lulus langsung menjadi CPNS, tidak perlu mencari atau melamar pekerjaan lagi. Ketiga, PKN STAN bersih dari segala tindak KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) tidak ada yang menjamin seseorang dapat diterima di PKN STAN, kecuali dirinya sendiri. Keempat, pendapatan atau income,” ujar Agus.

Kegiatan open class  dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan minat lulusan SMA terhadap PKN STAN.

Tahun ini, PKN STAN menerima sebanyak 3.000 Mahasiswa baru, dengan jurusan kuota terbanyak yaitu DIII Akuntansi (1.214 Mahasiswa), dan terendah DIII Bea dan Cukai (33 Mahasiswa). Lulusan SMA yang berminat tetapi belum mendaftar masih memiliki waktu sampai dengan 30 April 2019. Ujian tertulis dilaksanakan secara CAT (Computer Assited Test) pada tanggal 3-13 Juli 2019. 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Bethesda No. 6-8 Lt. 5 Manado
(0431) 851522
(0431) 853128
kanwildjkn.manado@kemenkeu.go.id