Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Perdana! Kanwil DJKN Suluttenggomalut gelar Rapat DKO dan Monev Re-Revaluasi dengan Video Conference
Muhammad Iqbal Safana
Rabu, 10 April 2019   |   206 kali

Manado (9/4) – Kanwil DJKN Suluttenggomalut melaksanakan Rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan I tahun 2019 dan dilanjutkan dengan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kegiatan Re-Revaluasi. Rapat dilaksanakan pukul 09.00 WITA dengan menggunakan video conference bersama dengan KPKNL Manado, KPKNL Gorontalo, KPKNL Palu, dan KPKNL Ternate.

Rapat DKO diawali dengan pembukaan Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Ferdinan Lengkong. Ia menyampaikan bahwa DKO adalah sarana yang tepat untuk melihat kinerja dan pencapaian target selama triwulan I. Fokus utama dalam DKO kali ini antara lain membahas upaya pencapaian target IKU Kualitas Pelaksanaan Anggaran, dan upaya pencapaian target nilai manfaat ekonomi.

Agenda selanjutnya adalah pemaparan dari Plt. Kepala Bidang KIHI yang menyampaikan capaian kinerja Kanwil DJKN Suluttenggomalut. Secara umum terdapat 7 IKU dengan status hijau (tercapai), 7 IKU dengan status abu-abu (belum terdapat target), dan 1 IKU dengan status kuning (tidak mencapai 100%), yaitu Kualitas Pelaksanaan Anggaran (97,87%). Nilai Kinerja Organisasi Periode Triwulan I Tahun 2019 sebesar 115,22%.

Rapat dilanjutkan dengan membahas IKU yang belum mencapai hasil maksimal dan rencana aksi yang akan dilakukan pada Triwulan II. Tahun 2019 adalah tahun dengan target yang menantang. Target PNBP Aset meningkat 10 kali lipat dari target tahun 2018 dan IKU Kualitas Pelaksanaan Anggaran memiliki formula baru yang lebih kompleks. Kanwil DJKN Suluttenggomalut dengan antusias berusaha mencapai target yang telah ditetapkan melalui beberapa rencana aksi yang telah disusun.

Bagian Umum akan memaksimalkan fungsi pemantauan rencana dan realisasi anggaran pada masing-masing bidang guna meningkatkan Kualitas Pelaksanaan Anggaran. Bagian Pengelola Kekayaan Negara telah melakukan koordinasi dengan DJPB Provinsi Sulawesi Utara guna melakukan langkah strategis yaitu pemantauan PNBP yang berasal dari pemanfaatan aset melalui aplikasi yang ada di DJPB.

Selepas pembahasan DKO dilanjutkan dengan Moniroting Evaluasi (Monev) Re-Revaluasi BMN. Monev diawali dengan pelaporan progres Re-Revaluasi BMN pada KPKNL jajaran Kanwil DJKN Suluttenggomalut dengan prioritas BMN pada satuan kerja Kementerian Keuangan dan BPK. KPKNL Gorontalo dan KPKNL Palu telah menyelesaikan proses Re-Revaluasi BMN sedangkan KPKNL Ternate dan KPKNL Manado menyanggupi akan menyelesaikan proses Re-Revaluasi BMN pada minggu ini.

Ferdinan Lengkong mengharapkan jajaran KPKNL dapat mempelajari cara dari KPKNL yang telah menyelesaikan 100% laporan ke Kantor Pusat.

Sebagai tindak lanjut, dari Bidang Penilaian akan melakukan koordinasi dan meminta arahan lebih lanjut dari Kantor Pusat terkait SK Tim Penilai Re-Revaluasi. Sedangkan Bidang Pengelola Kekayaan Negara (PKN), Kabid PKN menghimbau agar KPKNL memaksimalkan fungsi asistensi kepada satker dalam proses pengisian dan mengunggah form.

Sebagai pamungkas, Ferdinan memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi terhadap semua capaian kinerja pada Triwulan I dan jajaran KPKNL yang telah menyelesaikan proses pelaporan Re-Revaluasi BMN. Tak lupa Ferdinan memberikan semangat untuk menghadapi tantangan-tantangan berikutnya kepada seluruh jajaran.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini