Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kakanwil DJKN Suluttenggomalut Jelaskan Integritas Kepada Peserta Bimtek Penggalian Potensi Pajak
Jeaniva Thirza Tereshkova Najoan
Rabu, 02 Mei 2018   |   144 kali

Manado, (27/4) – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (DJKN Suluttenggomalut) Ferdinan Lengkong memberikan ceramah kepada peserta Bimbingan Teknis Penggalian Potensi Pajak 2018 pada Jumat,(27/4) di Balai Diklat Keuangan (BDK) Manado.


Dalam bimtek yang dibuka oleh Kepala Bagian Umum Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulutenggomalut Gatot Sulandako ini, Ferdinan menyampaikan tentang nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu integritas, profesionalisme, pelayanan, sinergi, dan kesempurnaan. Dari lima nilai Kemenkeu tersebut, Ferdinan memilih integritas sebagai pokok bahasannya.


Menurutnya, perilaku utama dalam integritas adalah bersikap jujur, tulus, dan dapat dipercaya. Menjaga martabat dan tidak melakukan hal-hal tercela meskipun cara tersebut tidak popular karena banyak pihak yang tidak senang dengan perilaku tersebut.


“Jangan ambil pusing jika ada orang-orang yang menganggap bahwa cara tersebut terkesan sok suci (berlagak-red) sebab jika tidak ada perilaku tersebut berarti tidak memiliki integritas yang merupakan nilai terpenting dari kelima nilai Kementerian Keuangan tersebut,” ujar Ferdinan secara tegas.

ia juga membahas peristiwa-peristiwa aktual yang marak terjadi di instansi pemerintahan seperti kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh aparat penegak hukum. Aparatur Sipil Negara (ASN)  harus tetap memegang teguh sumpah dan jabatan ASN. “Syukuri apa yang dimiliki saat ini dengan tidak melihat ke atas melainkan melihat ke samping dan ke bawah,” imbuh Ferdinan.


Mengakhiri ceramah, Ferdinan menyampaikan kesimpulan tentang integritas. Menurutnya integritas merupakan nilai yang paling utama di antara yang lain, integritas adalah  faktor produksi yang tak kentara dan integritas bagaikan gunung tanpa puncak.

“Baik menjadi orang penting, tapi lebih penting menjadi orang baik,” pungkasnya. (jeaniva)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini