Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi Tuntaskan Revaluasi BMN Tahun 2018
Jeaniva Thirza Tereshkova Najoan
Selasa, 16 Januari 2018   |   149 kali

Manado - Rapat Koordinasi persiapan revaluasi BMN di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2018 dilaksanakan di Aula GKN Manado Lantai 6, Selasa (16/1/2018). Kegiatan ini dihadiri Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Kepala KPKNL Manado, Kepala Bidang PKN, Kepala Bidang Penilaian, Kepala Seksi Penilaian dan Kepala Seksi PKN serta satuan kerja Kementerian/Lembaga yang menjadi target revaluasi BMN Tahun 2018 yakni unsur Kementerian Pertahanan, Kepolisian dan Kementerian Agama.

Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Ferdinan Lengkong membuka acara dengan menyampaikan beberapa aturan terkait pengelolaan BMN. “Seiring dengan terus meningkatnya jumlah BMN yang dikelola dan berkembangnya permasalahan pengelolaan BMNPemerintah secara berkesinambungan berupaya menyempurnakan regulasi di bidang pengelolaan BMN,” tutur Ferdinan

Lebih lanjut Ferdinan menyampaikan pentingnya penilaian kembali yaitu untuk mewujudkan penyajian nilai BMN/D pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat/Daerah yang akuntabel sesuai dengan nilai wajarnya, serta dalam rangka mewujudkan pengelolaan BMN/D yang tertib adminstrasi, tertib fisik, dan tertib hukum.

Pertumbuhan ekonomi saat ini tentunya memberikan dampak terhadap nilai aset tetap BMN. Bertitik tolak dari nilai perolehan dan valuasi BMN yang dilakukan pada tahun 2007, maka perlu dilakukan penilaian kembali. ”BMN berupa tanah nilainya terus bergerak naik, sehingga sangat mungkin saat ini nilainya under value. Untuk itu perlu adanya penyesuaian nilai BMN guna menciptakan akurasi nilai BMN,” jelasnya.

Disamping itu, Ferdinan menekankan agar proses bisnis revaluasi BMN Tahun 2018 dilaksanakan dengan prinsip kehatian-hatian dengan tetap menjunjung tinggi kualitas penilaian, sehingga hasil penilaian dapat dipertanggungjawabkan secara akurat dan akuntabel.

“Merupakan tanggung jawab satker khususnya unsur Kementerian Pertahanan, Kepolisian dan Kementerian Agama untuk menyiapkan data awal dan dokumen yang diperlukan dalam rangka Penilaian Kembali BMN, melakukan Inventarisasi BMN yang berada pada penguasaannya, melakukan koreksi data dan nilai BMN melalui Sistem Aplikasi Penatausahaan BMN berdasarkan Laporan Hasil Inventarisasi dan Penilaian BMN, melakukan rekonsiliasi  data BMN hasil Inventarisasi dan Penilaian BMN dengan KPKNL,” tegas Ferdinan.

Rapat dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala Bidang PKN Devi Lesilolo, Kepala Bidang Penilaian Kurniawan Catur dan Kepala KPKNL Manado Rakhmat Mahsan terkait peraturan tentang revaluasi BMN, proses bisnis dan rencana kerja revaluasi BMN Tahun 2018.

Kegiatan berlangsung dengan interaksi dinamis dan terbuka dari peserta dan narasumber dilanjutkan dengan tanya jawab. Antusias dari peserta juga merupakan salah satu bentuk keberhasilan rapat kordinasi tersebut. Harapan agar revaluasi BMN tahun 2018 bisa berjalan dengan baik dan benar dilontarkan oleh para narasumber. Sinergi yang baik sehingga target bisa dicapai dengan baik pula. Disela rapat diadakan penandatangan MoU revaluasi BMN tahun 2018 dan foto bersama. “Apresiasi yang setinggi-tingginya atas kesediaan waktu Bapak dan Ibu sekalian dan mari kita bersinergi agar pelaksanaan revaluasi BMN tahun 2018 dapat berjalan lancar, tuntas dan berkualitas,” tutup Ferdinan di akhir kegiatan. (Tim KIHI)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini