Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Suluttenggomalut Goes To Ternate
Jeaniva Thirza Tereshkova Najoan
Selasa, 24 Oktober 2017   |   164 kali

Ternate - (24/10) Setelah berhasil melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Revaluasi BMN di Gorontalo dan Sulawesi Tengah, kali ini KPKNL Ternate menjadi tempat pelaksanaan Bimtek Pelaksanaan Revaluasi BMN untuk Satuan Kerja (satker) Koordinator Wilayah Propinsi Maluku Utara.

Bertempat di ruang rapat KPKNL TernateBimtek revaluasi BMN dilaksanakan. Acara ini dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Kepala Bidang PKN, Kepala KPKNL Ternate, Kepala Seksi PKN, serta satker yang menjadi target Revaluasi BMN Tahun 2017 di Provinsi Sulawesi Utara.

Acara dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Ferdinan Lengkong. Ferdinan menyampaikan bahwa revaluasi BMN dilaksanakan terhadap aset berupa tanah dengan melakukan survey ke lapangan oleh Tim Penilai DJKN, sedangkan untuk aset berupa gedung dan bangunan, jalan, jembatan dan bangunan air tidak dilakukan survey dan hanya mengandalkan form pendataan yang diisi oleh satker. Form pendataan yang telah diisi dipergunakan sebagai dasar melakukan penilaian yang dikenal dengan istilah desktop valuation.

Peran petugas satker dan korwil dalam menyukseskan revaluasi ini sangatlah besar. Apabila petugas satker dalam mengisi form ini salah, maka nilai yang kami keluarkan juga akan salah, karena untuk desktop valuation kami sangat tergantung dari kebenaran data yang diberikan oleh satker”, tegas Ferdinan.

Menutup sambutan Ferdinan mengajak Korwil yang hadir mengikuti bimtek dengan baik dan dapat menjalankan perannya sebagai Korwil agar dapat membina dan mengawal satker-satker yang berada di bawahnya. “Saya berharap agar satker selaku Kuasa Pengguna Barang dalam kegiatan Penilaian Kembali dapat melaksanakan tanggung jawabnya, sehingga kegiatan Penilaian Kembali BMN kali ini dapat kita sukseskan bersama berkat sinergi dan kerjasama yang baik dari kita semua.” Jelas Ferdinan.

Sementara itu, Kepala KPKNL Ternate Ariftika mengatakan bahwa target revaluasi BMN Tahun 2017 di angka 4523. “Untuk mencapai angka tersebut tidak gampang. Beragam kesulitan harus ditempuh. Doakan kami supaya sehat sehingga revaluasi BMN bisa capai target,” tutur Arif.

Lebih lanjut, Arif mengajak satker korwil untuk bersama membangun sinergi, bersama memberikan bantuan semaksimal mungkin menyukseskan revaluasi BMN. “ayo kita sama-sama melaksanakan reval BMN. Kami siap 24 Jam siap mendampingi satker hadapi kendala dan mencarikan solusinya.” ujar Pria Kelahiran Blora, Jawa Tengah tersebut.

Pada acara selanjutnya, Kepala Bidang PKN Kanwil DJKN Suluttenggomalut Devi Lesilolo memaparkan materi terkait aturan Revaluasi BMN dan kegiatan penilaian yang meliputi penyediaan data awal, inventarisasi, penilaian, tindak lanjut hasil penilaian dan monitoring dan evaluasi pelaksanaan revaluasi BMN. “Kordinator wilayah hendaknya mengingatkan satker dibawahnya untuk melakukan tahap-tahap dari revaluasi BMN tersebut. Tanggung jawab satker sangat penting karena data pendukung reval bmn berada pada satker masing-masing” Jelas Devi. Diskusi dan tanya jawab menutup kegiatan bimtek Revaluasi BMN di Provinsi Maluku Utara ini.

(Tim KIHI Kanwil Suluttenggomalut)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini