Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Work From Home (WFH) Membosankan? Siapa Bilang!
Ayutia Nurita Sari
Selasa, 29 Desember 2020   |   2004 kali

Sejak bulan Maret Tahun 2020 sebagian besar perkantoran di Indonesia menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) akibat adanya pandemi coronavirus disease 2020 (Covid-19). Bagaimana perasaan Anda saat pertama kali mendengarnya? Pada awalnya, kebijakan ini terasa menyenangkan bagi sebagian orang karena tidak perlu khawatir lagi dipertemukan dengan situasi berdesal-desakan di dalam transportasi umum, terjebak macet, maupun rutinitas lainnya yang biasa terjadi saat pergi dan pulang kantor.


Namun penerapan WFH lama-lama akan berubah menjadi suatu rutinitas yang membosankan karena keterbatasan aktivitas yang hanya dapat dilakukan di rumah, sulitnya untuk bertemu dan berkumpul dengan rekan kerja, ataupun sekedar makan di restoran favorit.


Rasa bosan yang timbul akibat dari “keharusan” melakukan WFH merupakan suatu hal yang wajar. Menurut Optional Arousal Theory, setiap orang termotivasi untuk mencari tingkat stimulasi atau tantangan yang optimal (optimal arousal). Edwin A. J. Van Hooft pada Jurnal The State of Boredom Study: Frustating or Depressing yang ditulisnya mengatakan bahwa kebosanan dapat memicu rasa frustasi atau berpotensi depresi, tergantung pada otonomi tugas yang mereka tangani. Jika otonomi tugas tinggi, kebosanan bisa menimbulkan dampak yang berbahaya. Sedangkan ketika otonomi tugas rendah, kebosanan akan berdampak pada frustasi dan perasaan jenuh yang berlebihan.


Jangan khawatir! Karena rasa bosan selama WFH dapat dilawan dengan beberapa tips ini agar suasana bekerja dari rumah menjadi menyenangkan:

1.     Menciptakan Suasana Kerja yang Nyaman

Meskupun bekerja dari rumah terasa lebih fleksibel, namun bukan berarti menjadi malas dan menunda-nunda pekerjaan. Agar tetap produktif, Anda perlu menciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif sehingga dapat merasakan situasi kerja layaknya di kantor. Misalnya, memilih ruangan yang tepat untuk dijadikan tempat kerja, seperti kamar, ruang tamu, atau balkon jika tidak memiliki ruangan khusus untuk bekerja di rumah. Selain itu, Anda juga dapat mendesain ulang ruang kerja dan memfasilitasinya dengan perabotan yang nyaman untuk menciptakan suasana hati yang positif.


2.     Disiplin

Mengubah pola pikir bahwa bekerja dari rumah berbeda dengan berlibur sehingga Anda tetap disiplin dalam bekerja dengan memiliki jadwal atau agenda kerja seperti biasa. Jadwal atau agenda kerja harus tetap dikerjakan dan berjalan selayaknya bekerja di kantor. Maka kita harus tetap menjalankan rutinitas seperti bangun pagi, mandi sebelum memulai beraktivitas, sarapan, serta melakukan pekerjaan-pekerjaan sesuai dengan agenda, dan menerapkan jadwal istirahat.

Memberikan waktu istirahat selama 30 hingga 45 menit serta melakukan olah raga ringan akan membantu menjaga postur tubuh, kesehatan, dan suasana hati akibat duduk terlalu lama.


3.     Memanfaatkan Waktu Luang

WFH membuat waktu luang di pagi dan sore hari menjadi lebih banyak karena berkurangnya aktivitas seperti berkendara menuju dan pulang kantor. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan waktu luang tersebut dengan menjalankan hobi. Misalnya dengan memasak, bermain alat musik, membuat kerajinan tangan, mendengarkan musik, menonton video, olahraga, berkebun, membersihkan rumah, mencuci kendaraan, dan hal-hal lainya yang biasanya tidak sempat dilakukan. Bahkan Anda dapat memanfaatkan waktu luang dengan merapikan file-file yang ada pada komputer, laptop, atau hardisk eksternal. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan waktu dengan berkumpul bersama keluarga, bercengkrama dengan pasangan, anak-anak, atau orang tua di rumah.


4.      Melakukan Hal Baru

Mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya juga bisa dicoba untuk mengisi waktu luang, seperti belajar bahasa, menulis, belajar alat musik, mengikuti pelatihan yang dapat meningkatkan soft skills, belajar memasak, melatih rasa syukur, atau hal lain yang Anda inginkan. Dengan mencoba sesuatu yang baru tentu akan menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi Anda dan dapat mencegah kebosanan.


Penulis: Nurlaela Widiastuti (Pelaksana Kanwil DJKN Suluttenggomalut)


Referensi:

1.  Bored When Working from Home during Lockdown? Here’s What To Do di www.hrinasia.com (diakses pada tanggal 3 September 2020)

2.  5 Useful Activities on the Sidelines of WFH, So you Not Bored At Home di www.bsaland.co.id (diakses pada tanggal 3 September 2020)

3.  Tips Agar tidak Bosan Bekerja dari Rumah di www.republika.co.id (diakses pada tanggal 3 September 2020)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini