Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tiga Cara Jitu Untuk Tetap Fit Selama WFH
Ayutia Nurita Sari
Rabu, 07 Oktober 2020   |   783 kali

        Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) memaksa seluruh masyarakat untuk sebisa mungkin melakukan semua kegiatan dari rumah. Salah satu kegiatan yang sering terdengar saat ini adalah bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Pelaksanaan WFH digencarkan oleh berbagai instansi, termasuk Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini. Kebijakan tersebut bagi sebagian orang terdengar menyenangkan, namun beban pekerjaan yang menumpuk, jadwal virtual meeting yang padat, serta waktu istirahat yang tidak menentu membuat kita tanpa sadar mengabaikan kesehatan tubuh sendiri. Penulis mencoba memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para pegawai sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh saat bekerja dari rumah.


1. Konsumsi Makanan Sehat Bernutrisi

Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi sangat direkomendasikan untuk tubuh kita selain menjadi sumber energi harian, makanan bergizi tinggi dapat menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh kita. Berbagai risiko penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung hingga kanker dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Berikut tiga faktor yang perlu diperhatikan untuk mengontrol pola makan, antara lain:

Porsi Makanan

Jumlah atau porsi makanan yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, seperti menakar jumlah nasi menggunakan ukuran satu kepalan tangan. Porsi yang tepat dapat membuat kita terhindar dari obesitas atau kelebihan     berat badan serta penyakit lainnya. 

Jenis Bahan Makanan

Pilihlah jenis bahan makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak tidak jenuh, sayuran berserat, serta protein hewani dan nabati. Lengkapi juga kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi buah-buahan dan     rutin meminum air putih minimal delapan gelas sehari.

Jadwal Waktu Makan

Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan menyusun jadwal waktu makan. Jadwal makan yang teratur akan mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh agar selalu terkontrol dan stabil, sehingga kita dapat terhindar dari rasa  lapar di  luar jam makan. Gambar di bawah ini merupakan salah satu contoh jadwal makan yang dapat diterapkan.



2. Olahraga Teratur

Olahraga dapat membuat tubuh segar dan bugar, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memberikan rasa bahagia karena memicu hormon endorfin secara alami. Olahraga secara rutin dapat dilakukan dengan intensitas yang ringan hingga sedang dengan rentang waktu 30-45 menit per hari. Namun, bagi anda yang memiliki rutinitas cukup padat, pelaksanaan WFH dapat diselingi dengan peregangan tubuh di tempat. Peregangan bisa memperlancar peredaran darah yang dapat meminimalisir darah tinggi serta menurunkan stres karena adanya distribusi oksigen dan nutrisi ke otak.


3. Istirahat atau Tidur yang Cukup

Tubuh yang kurang istirahat dapat menyebabkan seseorang merasa cepat lelah, produktivitas menurun, level stres meningkat, hingga berujung pada depresi. Walaupun telah menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur, jika tidak diimbangi dengan istirahat atau tidur yang cukup, maka semua itu akan sia-sia. Istirahat atau tidur yang cukup dapat bermanfaat bagi kebugaran mental dan fisik. Jumlah jam tidur Ideal bagi orang dewasa sebanyak 6-8 jam. Namun, sangat memungkinkan jika pekerjaan atau kegiatan anda dapat mengganggu jadwal tidur, bahkan mengurangi waktu istirahat. Apabila hal tersebut terjadi, anda perlu menyiasatinya dengan meluangkan waktu selama 10-15 menit untuk tidur siang atau beristirahat.


           Mengonsumsi makanan sehat bernutrisi, olahraga teratur, dan istirahat atau tidur yang cukup merupakan beberapa cara jitu yang dapat diterapkan selama WFH. Selain yang penulis rekomendasikan, jangan lupa untuk tetap menjaga semangat kerja agar produktivitas kerja tetap tinggi. Selamat mencoba!


Penulis: Jennifer Evaulina, Pelaksana Kanwil DJKN Suluttenggomalut


Referensi:

Alodokter.com. “Pola Makan yang Dianjurkan Ahli Gizi”. 6 September 2020. https://www.alodokter.com/perhatikan-anjuran-makanan-dari-ahli-gizi-berikut. Diakses pada 2 September 2020

Alodokter.com. “9 Manfaat Istirahat dan Tidur yang Cukup”. 29 November 2016. https://www.alodokter.com/9-manfaat-istirahat-dan-tidur-yang-cukup. Diakses pada 2 September 2020

Jatimnet.com. “Pola Hidup Sehat Jam Makan yang Baik”.  19 Desember 2019. https://jatimnet.com/pola-hidup-sehat-jam-makan-yang-baik. Diakses pada 2 September 2020.

Tirto.id. “Manfaat & Cara Melakukan Peregangan Tubuh Saat Bekreja dari Rumah”. 4 April 2020. https://tirto.id/manfaat-cara-melakukan-peregangan-tubuh-saat-bekerja-dari-rumah-eKTE. Diakses pada 6 Oktober 2020. 


  

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini