Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sapa Ceria Hadir Menyapa, Pegawai Kanwil DJKN Sulseltrabar Siap Berkarya
Charles Jimmy
Senin, 30 Mei 2022   |   129 kali

Kamis (19/05) – Kanwil DJKN Sulseltrabar kembali mengadakan Sapa Ceria secara daring yang kali ini dipandu oleh MC, Muetia Pratiwi dan dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar serta pejabat/pegawai. Sapa Ceria merupakan salah satu kegiatan dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi yang sudah dijalankan secara rutin di tahun 2022. Kegiatan ini menjadi sarana internalisasi nilai-nilai dan budaya kerja kemenkeu, wadah silaturahmi dan tempat bertukar informasi antar pegawai dalam upaya mewujudkan pelayanan Kanwil DJKN Sulseltrabar yang bersih.

Acara diawali dengan menyerukan yel-yel dan motto Kanwil Sulseltrabar oleh semua pegawai, “DJKN Dinamis – Kanwil Sulseltrabar PHINISI – Proaktif Humanis Inklusif Inisiatif Sigap – kami berkomitmen tidak korupsi, jujur melayani.” Kemudian MC menyapa pejabat/pegawai melalui segmen “Aga Kareba?” sekaligus mengupdate kondisi para pegawai. Selanjutnya, pembacaan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dan Budaya Kerja Kementerian Keuangan serta Maklumat Pelayanan oleh Heru Juliwiyanto.

Segmen ‘Bagi-Bagi Info’ yaitu bertukar informasi, kisah inspiratif, atau cerita motivasi, disampaikan oleh Kepala Seksi Piutang Negara I, Erwin Irwanto Situmorang dengan topik “pohon culture organisasi”. Erwin menuturkan bahwa membangun organisasi serupa dengan bercocok tanaman pohon. Metafora pohon menggambarkan organisasi Kanwil DJKN Sulseltrabar yang bertumbuh dan bermanfaat bagi masyarakat. Ditunjang kokoh dengan akar kuat oleh 9 (sembilan) kompetensi yaitu integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengambangan diri, mengelola perubahan, pengambilan keputusan, dan sosial kultural. Sinar matahari merupakan sumber energi utama bagi pohon yang menggambarkan visi-misi DJKN yang memberikan arah dan tujuan. Berkat matahari disertai turunnya hujan menghasilkan pohon yang berdaun rimbun. Hujan turun menggambarkan transformasi program kinerja dan rencana aksi budaya. Daun yang rimbun menggambarkan kualitas sumber daya manusia. Hasil akhir dari pohon yang berbuah lebat menggambarkan perilaku sumber daya manusia yang baik sesuai norma dan kode etik pegawai dan selaras dengan sembilan kompetensi sehingga menciptakan kekaguman dari para pemangku kepentingan, dengan berujung pada pengakuan akan reputasi dan citra Kanwil DJKN Sulseltrabar.

Selanjutnya, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana menginstruksikan seluruh pimpinan dan pegawai untuk senantiasa mempertahankan semangat dalam berkarya. Pertumbuhan pohon yang telah disampaikan sebelumnya, sejalan dengan niat dan komitmen untuk melayani. Pemberian pelayanan harus sesuai dengan standar yang berlaku. Sebagai kantor pemerintah harus selalu siap dan sigap dalam melayani pemangku kepentingan tanpa memandang apapun. Senantiasa inisiatif yang akan mendatangkan kesempurnaan serta perbaikan organisasi.

Menutup acara Sapa Ceria, Muetia membacakan pantun berikut:

Baca koran sambil meringis

Melihat sahabat penuh gaya

Usai lebaran dompet menipis

Tetap semangat jangan lupa bahagia

 

(Teks/foto: Bagian Umum dan Bidang KIHI, Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini