Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat
Kilas Peristiwa DJKN

Wujud Rasa Syukur melalui Kegiatan Pembinaan Mental dan Pembagian Bingkisan

Jum'at, 07 Mei 2021   |   41 kali

Makassar-Sebagai upaya peningkatan keimanan dan ketaqwaan pegawai serta implementasi dari kegiatan pembinaan mental, Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat secara rutin melaksanakan kegiatan pembinaan mental untuk seluruh pegawai yang dibagi berdasarkan kegiatan kelompok sesuai dengan agama masing-masing pegawai. Untuk kegiatan pembinaan mental agama Islam, agama Kristen, agama Katholik, dan agama Hindu masing-masing bidang pembinaan agama telah terdapat koordinator bidang serta jadwal rutin pelaksanaan kegiatan pembinaan mental untuk diikuti pegawai. Pada Kamis (06/05), kegiatan pembinaan mental bagi pegawai beragama Islam dilaksanakan di Kanwil DJKN Sulseltrabar dengan diikuti pegawai muslim dan muslimah serta mendapat arahan dari Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana.

Dalam kegiatan pembinaan mental, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar membuka dengan ucapan syukur bahwa seluruh pegawai masih diberikan kesehatan serta nikmat iman untuk dapat terus menjalani kehidupan selama. Ekka juga menyampaikan bahwa setelah mendengar lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an, dapat diukur keimanan dan ketauhidan seseorang. Keimanan yang kuat ditunjukkan dengan bergetarnya hati seseorang apabila mendengar lantunan ayat suci Al-Qur’an secara langsung. Hal tersebut juga sebagai pengingat, bahwa Al-Qur’an adalah wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah SAW.

Ekka berpesan, meskipun terdapat perkembangan teknologi yang memudahkan untuk membaca Al-Qur’an melalui gadget atau telepon seluler, namun seluruh pegawai diharapkan tetap menghormati dan menjaga kesucian Al-Quran digital tersebut dengan tetap menghormati dan tidak melakukan hal-hal yang bersifat merendahkan Al-Qur’an digital tersebut, seperti menyimpan telepon seluler di bagian belakang tubuh dan tidak membawanya ke kamar kecil.

Besarnya nikmat yang telah diterima manusia juga menjadi salah satu hal yang diingatkan Ekka. “Kita telah menerima nikmat yang sangat besar, namun nikmat tersebut jangan dihitung dan diukur dengan perhitungan matematis”, ucap Ekka. Sebagai contoh, nikmat sehat dan umur tidak dapat dihitung secara kuantitatif. Dengan cara pandang tersebut maka seluruh pegawai diharapkan untuk terus menjaga kesehatan, serta mensyukurinya melalui menjaga kesehatan masing-masing.

Keterbatasan akibat pandemi Covid-19 yang belum berakhir mengakibatkan pegawai tidak dapat menjalankan hari raya Idul Fitri bersama keluarga nantinya. Namun demikian, Ekka berpesan untuk terus bersabar dan menjalankan peraturan yang telah ditetapkan terkait pembatasan perjalanan selama ini. Rasa sabar dan syukur tersebut nantinya akan menjadi penguat disaat seluruh pegawai dapat berkumpul bersama keluarga. Ekka berharap seluruh pegawai untuk dapat menjaga protokol kesehatan serta terus berdoa dan beribadah agar terus mendapatkan nikmat sehat.

Dalam menjalankan hidup, selama ini tidak terlepas dari tuntutan pekerjaan. Namun demikian, diharapkan dapat terus menjaga keseimbangan antara kehidupan dengan pekerjaan sehingga tercapai work life balance. Keseimbangan dalam kehidupan dan pekerjaan diwujudkan dengan rasa syukur dan ikhlas yang mendominasi kehidupan. Tanpa rasa syukur dan ikhlas, seluruh pegawai tidak dapat menjalani kehidupan dan pekerjaan secara tenang. Berkaitan makna syukur tersebut, Ekka juga mengingatkan kepada seluruh pegawai untuk senantiasa bersyukur dan ikhlas dalam kehidupan dan pekerjaan.

Sebagai perwujudan rasa syukur, seluruh pegawai Kanwil DJKN Sulseltrabar telah menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk dibagikan kepada saudara yang membutuhkan melalui pembagian bingkisan. Bingkisan tersebut bukan merupakan bentuk gratifikasi namun merupakan pemberian ikhlas yang berasal dari sebagian pendapatan pegawai untuk dibagikan kepada yang berhak. Ekka berpesan, “Santunan untuk sesama sebagai bagian dari rasa syukur, bahwa apabila kita merasa bersyukur maka akan semakin ditambah rasa syukur kita.”

Disamping bentuk rasa syukur, pemberian bingkisan sebagai bentuk edukasi kepada seluruh pegawai bahwa rasa kebersamaan yang dimiliki dapat dibagikan kepada pegawai lain tanpa melihat adanya sekat agama dan status kepegawaian. Kegiatan berbagi melalui pemberian bingkisan diharapkan juga semakin mempererat rasa persaudaraan sesama manusia tanpa melihat agara, ras, dan status sosial.

Penyisihan sebagian pendapatan untuk dibagikan kepada pihak yang berhak tersebut, menunjukkan tidak adanya sekat antara pegawai di kanwil serta implementasi terhadap kompetensi sosial kultural. Pembagian bingkisan diberikan tidak hanya kepada pegawai muslim, namun juga kepada pegawai non-muslim sebagai bentuk syukur yang diharapkan dapat dinikmati oleh seluruh pegawai tanpa memandang sekat-sekat agama.

Pemberian bingkisan secara simbolis diberikan Ekka kepada perwakilan cleaning service yang bertugas pada Gedung Keuangan Negara II dengan didampingi oleh Kepala Bagian Umum dan Kepala Bidang Penilaian. Penyerahan bingkisan kemudian dilanjutkan oleh Kepala Bagian Umum, Kepala Bidang Penilaian, dan perwakilan Kepala Bidang Lelang masing-masing kepada perwakilan cleaning service dan perwakilan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri. Paket bingkisan selanjutnya juga dibagikan kepada penerima yang berhak di panti jompo, pengemudi ojek daring, dan pekerja yang membutuhkan lainnya. (Teks/Foto: Bidang KIHI Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Pengunggah : HENDRO NUGROHO
Tanggal ditulis : Jum'at, 07 Mei 2021
Terakhir diedit : Jum'at, 07 Mei 2021
Foto Terkait Kilas Peristiwa
Pengumuman
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumohardjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara II Lt. 4 Makassar - 90232
(0411) 425245
(0411) 425246
kanwildjkn15@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |