Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kunjungan Kanwil DJKN Sulseltrabar ke Sentra UMKM di Dusun Botoke Kabupaten Pinrang
Dwiyani Permatasari
Sabtu, 17 April 2021   |   174 kali

Dusun Botttae – Kamis (08/04) Pegawai Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil DJKN Sulseltrabar) yang dipimpin oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar Ekka S. Sukadana, melakukan kunjungan ke sentra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Pinrang. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh kepala desa setempat sekaligus pemilik UMKM. Ekka menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan sosial kultural dengan tujuan agar pegawai Kanwil DJKN Sulseltrabar mengenal budaya lokal sekaligus mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

 

Rumah UMKM pertama yang dikunjungi yaitu UMKM yang memproduksi keripik berbahan dasar ubi. Pegawai Kanwil DJKN Sulseltrabar dapat melihat langsung cara pembuatan keripik ubi tersebut, mulai dari ubi diolah menjadi adonan kemudian dicetak satu persatu secara manual diatas plasti, selanjutnya cetakan adonan tersebut dikukus dan dijemur hingga mengering. Untuk mendapatkan keripik ubi tersebut, kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, hanya dengan sepuluh ribu rupiah kita bisa mendapatkan tujuh ikat, dimana satu ikat terdiri dari sepuluh lembar kerupuk ubi. Kerupuk ubi tersebut biasanya digoreng dan disajikan dengan baluran gula merah.

 

Rumah UMKM yang kedua yang dikunjungi yaitu UMKM yang memproduksi kue kering. Pegawai Kanwil DJKN Sulseltrabar dapat melihat langsung cara pembuatan kue kering mulai dari pembuatan adonan, pencetakan, pemanggangan hingga pengemasannya. UMKM tersebut banyak menyerap tenaga kerja lokal, menurut pemiliknya sebagian besar pekerja merupakan ibu rumah tangga warga setempat.

 

Perwakilan UMKM menyampaikan terima kasih atas kunjungan pegawai Kanwil DJKN Sulseltrabar dan mengharapkan agar pihak berwenang terkait UMKM dapat melakukan pembinaan terhadap proses produksi dan pemasaran produk agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu diharapkan agar dapat disampaikan kepada publik bahwa dusun Botttae adalah sentra UMKM.

 

Acara kemudian ditutup dengan foto bersama dan pembelian produk sebagai cinderamata khas Kabupaten Pinrang. Tak lupa, kepala Kanwil menyerahkan plakat kepada pelaku UMKM setempat sebagai tanda mata. (Teks & Foto: Tim Publikasi dan Dokumentasi Rakerda 2021, Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini