Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menjadi Aktor, Wujudkan Pelayanan Prima
Charles Jimmy
Senin, 14 November 2022   |   69 kali

Makassar – Salah satu langkah untuk membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi adalah senantiasa memberikan pelayanan prima kepada stakeholders. Untuk mengembangkan kemampuan pegawai dalam pelayanan, Kanwil DJKN Sulseltrabar mengadakan knowledge sharing pada Rabu (09/11) dengan mengundang narasumber dari Bank Mandiri Region X/Sulawesi dan Maluku. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula A Bulo Sibatang Lantai 5 Gedung Keuangan Negara II Makassar dan dihadiri oleh pejabat dan pegawai Kanwil DJKN Sulseltrabar.

 

Acara dibuka Kepala Bagian Umum, Ircham yang mengapresiasi tim Bank Mandiri dalam berbagi pengalaman dengan pegawai Kanwil DJKN Sulseltrabar serta mengingatkan peserta agar selalu mengupayakan pelayanan optimal. “Pelayanan kepada stakeholders tidak berhenti di satu level, tetapi semakin meningkat menuju yang terbaik” ujar Ircham.

 

Selanjutnya, tim Bank Mandiri yang diwakili oleh Sarah Mahardika selaku Service Quality Officer menguraikan penjelasan mengenai langkah-langkah yang diperlukan dalam mewujudkan pelayanan prima. “Semuanya dimulai dari mindset, dengan mengenali siapa konsumen, apa harapannya dan apa tanggung jawab kita sebagai pemberi layanan” ungkapnya.

 

Pelayanan, lanjutnya, harus memberikan pengalaman yang memuaskan bagi konsumen dari apa yang mereka rasa, pikir, lihat, dengarkan dan lakukan. Berikutnya, perlu membangun komunikasi yang efektif dengan konsumen dengan menggunakan bahasa yang santun, ringkas dan jelas. “Perlu pula memperhatikan bentuk komunikasi nonverbal seperti kontak mata, postur tubuh, posisi tangan dan kaki serta penampilan karena citra diri merepresentasikan citra organisasi,” jelas Sarah.

 

Ia menerangkan komplain dari pengguna layanan adalah hal yang wajar. Kita harus mampu menangani komplain dengan respon yang memadai melalui mendengarkan penuh perhatian, menunjukkan empati dan permohonan maaf, menyelesaikan masalah dan mengucapkan terima kasih kepada konsumen.

 

Dalam penutup, Sarah mengatakan kita harus mampu memberikan pelayanan dari hati untuk memuaskan pelanggan dengan mengambil peran yang seharusnya. “Jadilah aktor dan aktris terbaik versi anda,” pungkasnya.

 

Pemaparan dilanjutkan dengan roleplay pelayanan di Area Pelayanan Terpadu (APT) oleh pegawai. Setelahnya, pegawai lain dan narasumber memberikan masukan-masukan untuk perbaikan cara memberikan pelayanan, dengan merujuk pada materi yang telah disampaikan sebelumnya. (CJ)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini