Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar: Setia dan Bangga, Kemenkeu Satu Kemenkeu Terpercaya
Charles Jimmy
Rabu, 28 September 2022   |   106 kali

Makassar – Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar membawakan ceramah tahap klasikal Pelatihan Dasar (latsar) CPNS Kementerian Keuangan Angkatan II Tahun Anggaran 2022 pada hari Kamis (22/09) di Balai Diklat Keuangan Makassar.

Materi yang disampaikan adalah Muatan Teknis Substantif Lembaga dengan memperkenalkan Kementerian Keuangan sebagai Pengelola Keuangan Negara.

Kepala Kanwil Sulseltrabar mengawali paparan dengan menguraikan tugas Kementerian Keuangan dalam pemerintahan Negara.

“Kementerian Keuangan menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan negara dan kekayaan negara untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan,” ujar Ekka.

Lebih lanjut, Ekka menjelaskan bahwa Kementerian Keuangan memiliki sebelas unit eselon I di bawahnya. Guna menguatkan peran Kemenkeu dan menghapuskan silo-silo dalam Kemenkeu, saat ini digaungkan gerakan bertagar KemenkeuSatu dan KemenkeuTerpercaya.

“Salah satu bentuk sinergi Kemenkeu Satu terpotret dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP),” terang Ekka.

Selanjutnya, diuraikan tugas DJKN sebagai asset manager yang menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Unit DJKN terdiri atas kantor pusat, 17 kantor wilayah dan 71 kantor pelayanan (KPKNL).

Secara detail, Kepala Kanwil menerangkan pengelolaan kekayaan Negara terdiri atas kekayaan Negara yang dimiliki (berupa barang milik Negara), kekayaan Negara yang dikuasai dan kekayaan Negara dipisahkan. DJKN juga melakukan pengurusan piutang Negara yang telah dinyatakan macet dan belum dapat diselesaikan oleh instansi pemerintah.

“Piutang Negara adalah jumlah yang wajib dibayar kepada negara berdasarkan suatu peraturan, perjanjian, atau sebab lainnya,” jelas Ekka.

Kemudian, Ekka menjelaskan lelang yang diselenggarakan DJKN melalui aplikasi lelang.go.id serta penilaian aset.

“Lelang secara umum terdiri atas lelang eksekusi dan lelang non-eksekusi. Lelang non-eksekusi contohnya lelang barang milik negara dan lelang sukarela, yang bisa dari mana saja misal lelang lukisan dan batik,” ungkap Ekka.

Di sela pemaparan, Kepala Kanwil juga mengajak PNS agar mengutamakan pengabdian, dedikasi dan kehormatan diri dengan menghindari hal-hal yang berpotensi menimbulkan moral hazard.

Pada sesi tanya jawab, peserta latsar antusias menyampaikan pertanyaan. Di akhir acara, Ekka juga berdiskusi secara personal dengan beberapa peserta.

Menutup pengarahan, Ekka kembali mengingatkan para CPNS untuk setia pada Kementerian Keuangan yang kita banggakan, KemenkeuSatu, KemenkeuTerpercaya. (CJ)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini