Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Knowlegde Sharing Pelayanan Prima Kanwil DJKN Sulseltrabar : Tingkatkan Kualitas Layanan Front Office
Charles Jimmy
Rabu, 08 Juni 2022   |   104 kali

Makassar - Kanwil DJKN Sulseltrabar menggelar knowledge sharing untuk membentuk skill dalam meningkatkan pelayanan prima kepada stakeholder pada Kamis (2/06). Acara diisi narasumber dari Tim Operasional Network dan Service BRI Regional Office Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula A Bulo Sibatang Lantai 5 Gedung Keuangan Negara II Makassar dan dihadiri seluruh pejabat, pegawai dan PPNPN Kanwil DJKN Sulseltrabar.

Kepala Bagian Umum, Ircham membuka acara dan berharap agar pegawai bisa belajar banyak dari BRI Regional Office terutama di bagian front office. “Pelayanan prima kepada pemangku kepentingan sangat penting dan itu dimulai di Area Pelayanan Terpadu” jelas Ircham.

Tim dari BRI Regional Office Makassar yang terdiri atas Hezrel, Nio, dan Mia memberi penjelasan tujuan bekerja dan rahasia mencapai tujuan melalui “Kenali Diri Anda” untuk menemukan kepribadian pegawai. Kemudian, narasumber juga berbagi tips pelayanan prima seperti harus menciptakan pengalaman yang membekas di hati, menghormati pelanggan dan mengukur kepuasan. Pegawai juga perlu membangun kesan baik dengan wajah, bahasa tubuh, dan penampilan serta keterampilan interaksi layanan. Pemaparan ditutup dengan cara menangani kondisi sulit dalam pelayanan. “Hadapi situasi sulit dengan TUNTAS yaitu Tenang, Upayakan Menyimak, Nyatakan Maaf dan Pengertian, Ajukan Solusi, dan Selesaikan dengan Positif” ungkap Hezrel.

Pada bagian akhir dilaksanakan roleplay pelayanan di APT sekaligus mengevaluasi pelaksanaan pedoman pelayanan yang telah diterapkan. Peserta dibagi tujuh kelompok yang terdiri dari empat pegawai dan/atau PPNPN, dengan berbagi peran sebagai Petugas APT, Petugas Konsultan dan tamu. Roleplay dibagi dalam dua situasi. Skenario pertama, tamu datang dengan keperluan yang langsung dapat ditangani oleh petugas jaga APT. Skenario lain, tamu datang dengan keperluan yang harus ditangani oleh pegawai/pejabat lain karena petugas jaga bukan berasal dari seksi terkait. Dari dua situasi tersebut, peserta bergantian bermain peran sesuai panduan layanan yang disiapkan dari awal tamu datang hingga tamu keluar area pelayanan.

Tim dari BRI Regional Office Makassar menyimpulkan penataan APT Kanwil DJKN Sulseltrabar sudah bagus, namun skill pegawai Kanwil DJKN Sulseltrabar dalam menjalankan pelayanan di APT perlu terus ditingkatkan untuk semakin memperkuat pelayanan prima kepada stakeholder.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini