Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lantik Pejabat Pengawas, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar Ingatkan Leadership dan Integritas
Dwiyani Permatasari
Selasa, 09 Maret 2021   |   238 kali

Makassar – Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil DJKN Sulseltrabar) menyelenggarakan kegiatan pelantikan Pejabat Pengawas dan pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil di Aula A’Bulo Sibatang Kanwil DJKN Sulseltrabar pada Kamis (04/03) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pegawai dilantik dan diambil sumpah secara langsung maupun secara daring (dalam jaringan), oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana, dan disaksikan oleh jajaran pejabat di lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar.

Pelantikan dilakukan terhadap 19 (sembilan belas) orang Pejabat Pengawas yang mendapatkan penempatan baru pada Kanwil DJKN maupun pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di lingkup Sulseltrabar, serta pengambilan sumpah terhadap 1 (satu) orang Calon Pegawai Negeri Sipil yang mendapat penempatan di KPKNL Makassar.

Mutasi di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) adalah sesuatu perubahan yang mutlak bagi organisasi, sehingga para pegawai harus siap melaksanakan tugas dimanapun guna kemajuan DJKN. Dalam memberikan arahan dan pesannya kepada seluruh pejabat yang baru saja dilantik, Ekka menyampaikan jabatan Pejabat Pengawas merupakan garda terdepan dari pelayanan di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. “Saya berharap ketika Bapak/Ibu masuk di wilayah kerja DJKN Sulseltrabar ini, saudara dapat mengemban amanah dan tanggung jawab yang lebih besar atau sekurang-kurangnya mengemban amanah yang berbeda dari jabatan sebelumnya”, tegas Ekka. “Untuk pegawai yang mendapatkan promosi sebagai Pejabat Pengawas, kami berharap dapat membangun leadership untuk menciptakan pemimpin-pemimpin baru. Saya juga berharap ada regenerasi di lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar, akan ada pegawai yang promosi lagi untuk tahun-tahun berikutnya, baik untuk menggantikan pejabat yang lama maupun sebagai calon pemimpin yang berkualitas di masa yang akan datang”, lanjut Ekka.

Ekka juga senantiasa mengingatkan bahwa pegawai di DJKN selalu terikat dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan, yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan. Selain itu, para Pejabat Pengawas yang baru saja dilantik diharapkan dapat segera menyesuaikan diri dengan situasi, ritme kerja, maupun relationship yang ada di lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar.

Dalam kesempatan yang sama, Ekka menyampaikan 5 (lima) hal yang terkandung dalam kata yang menjadi motto Kanwil DJKN Sulseltrabar EWAKO. Energik dalam berkiprah, Waspada terhadap hal-hal yang dapat mengakibatkan diri kita terjebak dalam perbuatan tercela, Adaptif dalam perkembangan teknologi maupun perkembangan birokrasi, memahami Kultur yang ada di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat, dimanapun pegawai berada, dan Optimis dalam menjalankan tugas dan mengemban tanggung jawab. Kelima hal tersebut apabila ditambahkan dengan tagline DJKN Dinamis yang merupakan akronim dari Digital dalam proses, Inovatif dalam berpikir, Militan dalam implementasi, akan menjadi kombinasi yang sangat baik karena dilatarbelakangi dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Kepada pegawai yang baru saja diambil sumpahnya, Ekka berpesan agar memegang teguh sumpah yang telah diucapkan dan menekankan untuk menjaga rahasia sesuatu. ”Dalam bekerja kita tidak terlepas dari hal-hal yang bersifat rahasia, oleh karena itu jangan dengan begitu mudahnya membocorkan rahasia-rahasia instansi maupun negara. Saudara dengan status yang baru sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku, dan tentunya apabila ada hal yang belum dipahami agar dapat dikonsultasikan kepada atasan langsung, sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Mengakhiri arahannya, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar memberikan ucapan selamat atas pelantikan dan pengambilan sumpah yang telah dilaksanakan. “Selamat bertugas, semoga sukses dalam meniti karir, dan semoga kita senantiasa dapat memberikan manfaat kepada orang lain, instansi, maupun kepada negara. Juga terima kasih kepada teman-teman saksi atau pendamping yang telah menyaksikan acara ini secara virtual”, tutup Ekka. (Teks/Foto: Dwiyani Permatasari Bidang KIHI Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini